Published On: Thu, Feb 4th, 2016

1.600 Pegawai Yahoo Akan Segera di PHK

Isu yang mengabarkan terkait karyawan Yahoo yang akan di PHK ternyata bukan hanya berita burung. Marissa Mayer selaku CEO Yahoo itu konon akan segera melakukan pemecatan terhadap ribuan pegawainya.

Seperti yang Berita Benar lansir dari Wall Street Journal meyebutkan bahwa mantan eksekutif Google itu aka memangkas karyawannya hingga 15 persen atau kurang lebih sekitar 1.600 pekerja. Bukan hanya pegawai yang menjadi imbas, tapi Yahoo juga akan menutup beberapa unit bisnisnya.

Setelah hasil kuartal keempat Yahoo, rencana itu semua akan segera diumumkan. Bahkan juru bicara Yahoo juga mengatakan untuk kabar lebih lanjutnya pihak perusahaan belum bisa berkomentar banyak selama periode tenang sebelum laporan keuangan diumumkan.

Yahoo yang didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan dibentuk pada 1 Maret 1995 sudah memiliki sekitar 11.000 karyawan per 30 Juni 2015, turun dari Desember 2014 yang saat itu berjumlah 12.500 orang. Selama perjalannanya itu, Yahoo juga telah berjuang untuk memperluas bisnis internet, yang meliputi penjualan iklan di mesin pencarian, layanan email, dan terus menghadapi persaingan dari Google dan Facebook.

Melihat banyaknya media sosial di internet, popularitas Yahoo memang sedang berada di bawah tekanan dalam merevitalisasi bisnisnya yang dianggap gagal selama tiga tahun. Bahkan salah satu investor perusahaan dilaporkan sempat memanggil Mayer agar jumlah karyawan perusahaan semakin diperkecil hingga 3.000 orang saja.

Setelah Yahoo mengistirahatkan ribuan karyawannya itu, pihaknya akan membuat gebrakan baru dengan berfokus pada satu proyek besar, yaitu majalah digital atau digital magazine.