Published On: Tue, Jan 26th, 2016

10 Bus Siap Angkut 380 Eks Gafatar

Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dipadati seluruh warga eks Gafatar pada hari Senin,(25 Januari 2016) pukul 14.30 WIB. Mereka yang telah melabuh langsug di masukkan ke dalam bus yang telah disediakan oleh Polda Jateng dan Satuan Lalu Lintas.

“Kapal ini sebenarnya sudah berada diperairan Semarang sejak jam 20.00 WIB, tapi baru bisa bersandar pagi ini,” kata Mayor Laut (P) Antonius selaku Komandan KRI Gilimanuk.

Sebanyak 348 eks anggota Gafatar diangkut oleh 10 bus yang akan di antar ke Asrama Haji Donohudan, Solo dengan dikawal personel dari Brimob Polda Jateng dan Satuan Lalu Lintas.

“Kalau semua lancar dan tidak ada kendala,maka semua eks Gafatar akan diberangkatkan pada pukul 13.00,” ujar Elka.

Nantinya para warga yang merupakan eks Gafatar itu akan ditampung sementara selama tiga hari, dan selanjutnya akan dibawa pemerintah kabupaten kota tempat mereka berasal.

“Pelayanaan prima dan proses pengamanan membuat pendataan para warga eks Gafatar ini berjalan lancar,” ujar Kolonel Laut Elka Setyawan selaku Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut.

Dari jumlah eks Gafatar, semuanya berjumlah 150 kepala keluarga akan diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan, Solo menggunakan bus. Selain itu, dari data yang telah dikumpulkan sesuai dengan pemeriksaan kesehatan, dari sekian banyak anggota Gafatar ada beberapa diantaranya menderita penyakit bahkan ada yang dalam kondisi hamil.

“Semuanya masih dalam evaluasi. Namun dari 351 orang eks Gafatar yang datang, tiga diantaranya masih dirawat di RSUP dr Kariadi bahkan tadi ada warga yang sedang hamil tua,”kata Elka.