Published On: Mon, Mar 21st, 2016

13 Korban Tewas dari Jatuhnya Helikopter TNI AD di Poso

13 Korban Tewas dari Jatuhnya Helikopter TNI AD di Poso

13 Korban Tewas dari Jatuhnya Helikopter TNI AD di Poso

Helikopter milik TNI Angkatan Darat yang berjenis Bell 412 EP pada hari Minggu sore terjatuh di wilayah Patiro Bajo, Kelurahan Kasiguncu, Kabupaten Poso. Helikopter tersebut saat itu sedang mengangkut 13 penumpang di dalamnya. Berdasarkan informasi yang didapatkan dari Kepala Satgas Operasi Tinombala yang juga menjabat sebagai Wakil Kapolda Sulawesi Tengah, Kombes Pol Leo Bona Lubis, mengatakan bahwa jatuhnya helikopter sekitar pukul 17.45 Wita atau sekitar pukul 16.45 WIB.

Kronologis jatuhnya helikopter milik TNI AD tersebut adalah; helikopter lepas landas pada pukul 17.21 Wita dari Watutau Napu dengan tujuan Poso. Pada saat itu, Poso sendiri sedang dilanda hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Helikopter tersebut didalamnya membawa anggota TNI yang beberapa di dalamnya adalah perwira menengah yang sedang menjalani misi dari Markas Besar TNI.

Helikopter tersebut kemudian terjatuh di kebun milik Bapak Arsad yang terletak di Dusun Pattiro Bajo Kelurahan Kasiguncu, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupatan Poso, Sulawesi Tengah. Kapendam VII/Wirabuana Kolonel Inf, I Made Sutia mengatakan bahwa jatuhnya helikopter tersebut karena kondisi cuaca yang sangat buruk, terlebih lagi disertai petir yang juga menyambar-nyambar daerah tersebut.

Saat ini korban dari jatuhnya helikopter tersebut telah di evakuasi ke RSUD Poso. Semua jenasah langsung di evakuasi pada Minggu malam dimana helikopter memang dalam kondisi terbakar. Para korban tersebut nantinya akan dibawa ke Palu.

Berikut 13 prajurit yang tewas dalam musibah tersebut:

1. Kolonel Inf Saiful Anwar (Danrem 132/Tdl)
2. Kolonel Heri (BAIS)
3. Kolonel Inf Ontang RP (Satgas Intel Imbangan)
4. Letkol Cpm Tedy (Dandenpom)
5. Mayor Inf Faqih (Kapenrem)
6. dr Kapt Yanto
7. Prada Kiki (Ajudan Danrem)
8. Kapten Cpn Agung
9. Lettu Cpn Wiradi
10. Letda Cpn Tito
11. Serda Karmin
12. Sertu Bagus
13. Pratu Bangkit