Published On: Tue, Aug 4th, 2015

Gubernur Papua Kirim Sejumlah Guru Ke Australia

Dalam mengembangkan kepemimpinan bagi kepala sekolah dan wakil kepala sekolah di Papua, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan pelatihan manajemen. Dinas Penddikan dan Kebudayaan setempat mengirimkan sejumlah guru untuk mengikuti sekolah manjamen kepala sekolah (kepsek) di Universitas Sunshine Coast Australia tahun ini.

Elias Wonda selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Paua mengatakan, pelatihan ini dilakukan untuk mengembangkan kepemimpinan bagi kepala sekolah dan wakil kepala sekolah di wilayahnya.

Seperti yng dilansir dari anataranews (4/08/2015), Pelatihan yang mengirimkan beberapa kepala sekolah ke Australis ini sesuai dengan permintaan dari tingkat sekolah menengah Atas maupun Sekolah Menengah Kejuruan yang ada di Provinsi Papua.

Dalam proses pengiriman itu sendiri pun dilakukan secara bertahap dan setiap pengiriman akan langsung dikirimkan sebanyak 30 orang. tapi, sebelum para guru itu dikirmkan ke Australia, mereka akan mendapatkan kursus bahsa Inggris terlebih dahulu.

Program yang mengikutsertakan berbagai guru di Papua itu merupakan kerjasama kemitraan dengan Universitas Sunshine Coast Australia yang sudah berjalan sejak tahun 2014 dan akan berakhir tahun 2016. Visi dan misi Gubernur Papua mencanangkan prosgram tersebut sebanranya untuk memberantas buta aksara dan untuk menyukseskan 12 tahun wajib belajar.