Published On: Tue, Feb 9th, 2016

900 Tahanan di LP Banceuy Hanya di Jaga Tujuh Pengawas Keamanan

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Jawa Barat mengaku pihaknya kecolongan ketika didapati ada lima tahanan yang berada di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas II A Banceuy, Bandung, positif mengonsumsi narkoba. Hal ini terjadi dengan alasan jumlah petugas yang berjaga di LP Banceuy sedikit.

“LP Banceuy ini memiliki enam blok, dengan total seluruh narapidana sebanyak 900 orang. Sementara penjaga yang mengurus hanya ada 7 orang saja,” ujar Agus Toyib selaku Kepala Divisi Pemasyarakat Kanwil Kemenkumham Jabar.

Semua penjaga yang bertanggung jawab di LP Banceuy dilengkapi dengan senjata. Dengan adanya narapidana yang dinyatakan positif menggunakan narkoba ini membuat pihak LP merasa harus berbenah lagi agar hal serupa tidak terjadi.

“Kami menyadari dengan adanya kejadian ini, kamu kurang melakukan pengawasan terhadap para tahanan, ini harus segera di benahi,”ujar Agus.

Selain itu, LP Banceuy yang Lapas Banceuy yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung, Jawa Barat ini juga tidak memiliki alat untuk memeriksa tahanan apakah benar positif menggunakan narkoba atau tidak. Tapi, pihak LP Banceuy mengklaim bahwa mereka kerap melakukan razia di LP.

“Dengan adanya temuan ini, kam akan lebih memperketat kunjungan dan akan terus digelar razia,” tegas Agus.