Published On: Mon, Jan 4th, 2016

Ahok Akan Hapuskan APTB!

Keberadaan Angkutan Perkotaan Terintegrasi Busway (APTB) kini dalam ancaman Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau yang sering dikenal dengan sebutan Ahok.

Ahok menegaskan bahwa dirinya tak segan-segan akan menonaktifkan APTB jika operator APTB tidak mau menerapkan tarif rupiah per kilometer.

“Kami ingin APTB tidak beroperasi lagi, nantinya biar bus TransJakarta yang menggantikan. Semua mesti dibawah TransJakarta,” ujar Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki ‘Ahok’ Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (4/1/2016).

Ahok yakin dengan memberlakukan sistem rupiah per kilometer akan menjadikan bus TransJakarta menjadi pilihan masyarakat yang ingin berpergian ketimbang membawa sepeda motor. Selain itu dengan adanya sistem itu juga masyarakat di daerah peyangga lebih diuntungkan dengan tarif Rp3.500.

“Kami juga menargetkan masyarakat tidak lagi menggunakan sepeda motor. Coba dibayangkan, sekarang EX200 kalau dari Bekasi atau Tangerang harus bayar Rp6 ribu-Rp8 ribu, terus bayar lagi Rp3.500 ketika naik TransJakarta. Ini yang membuat orang menggunakan sepeda motor,” ujar Ahok.

Untuk menindaklanjuti wacana ini, maka Pemprov DKI akan membangun ratusan halte. Nantinya semua Bus hanya bisa berhenti di halte dan lebih tertib. Semua bus dipersilahkan masuk 070-463 jalur busway dengan tarif datar Rp3.500 ke seluruh wilayah Jakarta.

“Nanti seluruh jalur bus yang non TransJakarta, harus dikuasai oleh TransJakarta. Sedangkan, untuk halte kami akan menambahnya sesuai dengan kebutuhan,” tambah Ahok.