Published On: Mon, Jan 25th, 2016

Ahok Berharap Jakarta Punya Go-Busway

Warga Jakarta akan menikmati bus tingkat yang disumbangkan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Sebanyak 20 bus tingkat itu nantinya akan beroperasional gratis berkeliling di Jakarta.

“Hampir 20 unit bus bertingkat akan dimanfaatkan untuk masuk ke dalam rute bus di Jakarta,” ujar Ahok, di Balai Kota, Senin (25 Januari 2016), seperti yang Berita Benar kutip di Kompas.

Ahok berharap dengan adanya fasilitas ini ini seluruh warga Jakarta serta wisatawan yang sedang berkujung ke Ibukota bisa berkeliling menggunakan bus tingkat dengan baik.

Dari 20 bus yang sudah direncanakan itu baru ada tujuh bus yang sudah mulai beroperasi. Ketujuh bus itu terdiri dari lima bus city tour dibeli oleh Pemprov DKI, satu bus sumbangan Coca-Cola dan bus lainnya berasal dari Alfamart.

“Bus ini saya harap bisa beroperasi dari pagi. Saya juga pengin di halte nanti ditulis jam berapa bus ini datang karena di luar negeri begitu. Jadi saya bisa tahu bus tingkat ini datangnya jam berapa,” kata Basuki.

Bukan hanya bus tingkat yang sedang Ahok rencanakan, tapi dia berencana mengintegrasikan bus tingkat dengan aplikasi di Go-Jek maupun Qlue. Basuki menginginkan ada aplikasi bagi bus tingkat seperti Go-Busway.

“Dengan begitu kita akan tahu kapan bus akan datang, turisnya juga bisa tahu nih. Jadi di samping itu haltenya akan kami perbaiki,” kata Basuki.