Published On: Tue, Apr 12th, 2016

Ahok Diperiksa KPK Terkait Dugaan Korupsi Sumber Waras

melawan-ahok-seret-dprd-ke-kpk

Terkait adanya dugaan korupsi dari hasil audit Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) atas pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang kerap disapa Ahok dipanggil KPK untuk dilakukan pemeriksaan hari ini (12/4/2016). Untuk menghadapi pemeriksaan KPK, Ahok membawa berbagai dokumen penting audit yang pernah dibuat oleh BPK.

Selain untuk memuhi panggilan, kedatangan Ahok ke kantor KPK juga demi mengetahui alasan dan tujuan KPK memeriksa dirinya. Ahok memiliki asusmsi sendiri jika pemanggilan tersebut karena KPK ingin mencari sendiri informasi mengenai dugaan korupsi tersebut meskipun ditangan KPK saat ini sudah ada data lengkap dari BPK.

“Makanya saya juga ingin tahu, karena kan dulu kan orang melaporkan dari LSM ke KPK. KPK terus tulis surat ke BPK minta audit investigasi. Jadi sekarang KPK putusin. Nah ini saya enggak tahu KPK mau minta apa. Apa dia enggak percaya BPK, apa dia mau cari sendiri kita enggak tahu, kita profesional saja,,” ungkap Ahok seperti yang dikutip Berita Benar dari laman Sindonews (12/4/2016).

Menurut audit BPK, dugaan korupsi Rumah Sakit Sumber Waras menyebabkan negara mengalami kerugian keuangan daerah sebesar Rp. 191 miliar. Dari hasil investigasi yang tertulis di laporan hasil pemeriksaan, BPK menilai jika Pemerintah Provinsi DKI Jakarta salah saat menentukan harga Nilai Jual Objek Pajak (NJOP).