Published On: Mon, Nov 23rd, 2015

Ahok Tak Segan-segan Kucurkan Dana 1 Triliun Untuk Kota Bekasi

Pemerintah Bekasi akan mendapatkan kucuran dana sebesar Rp 1 Triliun dari Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama . Gubernur yang biasa dipanggil dengan sebutan Ahok itu menyatakan mampu memenuhi permintaan bantuan dana untuk infrasruktur Bekasi.

Bukan hanya itu, Ahok juga mengaku tak segan untuk menggelontorkan sejumlah uang yang sama untuk tahun kedepannya jika hal itu dirasa masuk akal.

“Selama permintaan masih masuk akal, saya akan berikan,” ujar Ahok.

Seperti yang berita benar lansir dari CnnIndonesia, Ahok membeberkan untuk penurunan dana itu sendiri akan diberikan selama Pemkot Bekasi bisa diajak kerja sama dalam hal memperpanjang jalan untuk TransJakarta, melebarkan dan menormalisasi sungai, serta membebaskan lahan. Ahok menegaskan itu semua terutama untuk menyediakan fasilitas infrastruktur yang memadai untu warga Bekasi yang akan bekerja atau berpergian ke Jakarta.

“Lihatlah sekarang, jalanan di Bekasi lebih bagus. Jika mereka mengajukan dana lagi, kita bisa kasih,” tegas Ahok.

Hal serupa juga diterapkan Jakarta ke Pemerintah Kota Tangerang. Tadinya Pemerintah Kota Tangerang meminta hibah yang sama dengan Bekasi, tapi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta baru bisa mengguyurkan dana sebesar Rp400 miliar.

Dana yang diajukan beberapa kota tersebut tujuannya untuk menerapkan sejumlah proyek pembangunan jalan guna mengurangi titik kemacetan lalu lintas, serta pembangunan infrastruktur untuk mengatasi banjir.

“Hingga saat ini, kota Bekasi memiliki 49 titik bajir dan 19 titik kemacetan lalu lintas yang harus diselesaikan dengan membangun sinergitas dengann kawasan sekitar perbatasan,” ujar Rahmat Effendi selaku Wali Kota Bekasi.

Untuk detail proyek yang akan segera dirampungkan di Bekasi diantaranya pengentasan kemacetan Jalan Jatiwaringin Pondok Gede Rp400 juta, pembangunan jalan di Kecamatan Bekasi Utara, pengentasan banjir di Perumahan Pondok Gede Permai Rp20 miliar, pembangunan Jalan Pangeran Jayakarta Bekasi Timur, Jalan KH Noer Alie Kalimalang, serta pembangunan Jalan tembus Tempat Pembuangan Akhir Sumurbatu.