Published On: Fri, Mar 3rd, 2017

Akhirnya Bertemu Anak Cucu Bung Karno

BERITABENAR-Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaztz al-Saud. berbincang hangat dengan Presiden kelima R! Megawati Soekarnoputri dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani di Istana Merdeka. Jakarta. Kamis (2/3/2017) siang.

Mereka berbincang soal para pemimpin Indonesia dan Arab Saudi yang telah menjalin persahabatan. Raja Salman bercerita unik tentang salah satu Raja Arab Saudi terdahulu pernah mengunjungi Indonesia. Proklamator Soekarno vang merupakan ayah dari Megawati dan kakek dari Puan itu menyambutnya di Istana Kepresidenan. Jakarta.

Namun, sang Raja memiliki tubuh yang besar dan tinggi sehingga tidak ada tempat tidur yang muat baginya. “Nah. Bung Kamo saat itu selaku arsitek membuat tempat tidur khusus untuk Raja.” ujar Puan, menirukan cerita Raja Salman.

Adapun Raja yang dimaksud Raja Salman. adalah Raja Saud bin Abdulaziz Al Saud. Raja Saud tercatat mengunjungi Indonesia dan bertemu Presiden Soekarno pada 1955. Tempat tidur bersejarah tersebut, lanjut Puan, saat ini disimpan di Istana Kepresidenan Bogor.

Puan mengatakan, bincang-bincang dengan Raja Salman itu berlangsung selama 15 menit. Presiden Joko Widodo turut hadir dalam perbincangan itu.

Menurut Puan, suasana pertemuan itu berlangsung cair, hangat dan jauh dari kekakuan. Dengan bincang-bincang tentang para pendahulunya itu. Puan berharap dapat berimbas terhadap kian eratnya hubungan Indonesia dengan Arab Saudi saat ini.

“Saya merasa sambutan Presiden Jokowi kepada Raja Arab Saudi, apalagi bisa bertemu dengan anak cucu Presiden Soekarno ini merupakan suatu bentuk sejarah yang semakin erat dengan Arab Saudi.” ujar Puan menirukan pernyataan Salman.

Kepada Megawati dan Puan. Raja Salman juga mengatakan bahwa jalinan silaturahmi antara Indonesia dengan Arab sudah terjalin sejak dahulu. Oleh sebab itu. Raja Salman menilai, tidak ada lagi alasan yang dapat menjauhkan Indonesia dengan Arab Saudi di masa sekarang.

“Raja Salman bilang, ini menunjukkan bukti bahwa hubungan antara Arab Saudi dengan Indonesia. Soekarno dengan Raja terdahulu. sangat erat. Maka Raja menyempatkan diri untuk bertemu anaknya Bung Karno untuk melanjutkan ini. begitu kata Raja.” ujar Puan.

Pertemuan Raja Salman dengan Megawati dan Puan ini dilaksanakan saat Raja Salman mendatangi Istana Merdeka Jakarta. Usai 15 menit berbincang. Raja Salman kemudian melakukan silaturahmi dengan tokoh agama Islam di Indonesia. Dalam foto yang beredar. Puan sempat berfoto selfic.

Hubungan Lebih Kuat

Silaturahim dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo itu digelar di Istana Merdeka. Jakarta, pada Kamis (2/3/2017) siang.
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan. silaturahim diisi dengan penyampaian pernyataan dari tiga tokoh agama Islam di Tanah Air. yakni Ketua MUI Ma’ruf Amin, salah seorang Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas, dan Ketua MUI Jawa Tengah Habib Luthfi bin Yahya.

“Intinya, para tokoh agama Islam di Indonesia menyampaikan perasaan syukur atas datangnya Raja Salman.” ujar Lukman seusai pertemuan.
Para tokoh Islam itu juga berterima kasih atas perhatian Arab Saudi yang besar kepada Indonesia. Para tokoh Islam berharap Indone-sia-Arab Saudi benar-benar memasuki babak baru hubungan yang lebih kuat lagi.

Secara khusus, para tokoh menyampaikan harapan kepada Raja Salman soal kualitas pelayanan haji setiap tahunnya. “Persoalan haji diharapkan bisa ditingkatkan kualitasnya dan mudah-mudahan Indonesia masih tetap mendapatkan tambahan kuota mengingat animo masyarakat Indonesia ibadah haji cukup besar.” ujar Lukman.

Sayangnya, tidak ada dialog dalam silaturahim itu. Lukman mengatakan bahwa hal itu disebabkan kondisi kesehatan Raja Salman yang mesti dijaga. “Memang beliau tidak muda lagi dan dari sisi waktu beliau Juga perlu istirahat.” ujar Lukman.

Namun. Raja Salman menyampaikan bahwa dirinya sangat senang bertemu dengan tokoh-tokoh agama Islam di Tanah Air. Raja Salman beijanji mendengarkan sekaligus memperhatikan saran dan pesan mereka.

(tribun/nic/rio/den/kompas.com)

Caption:
SELFIE – Menteri PMK Puan Maharani (kiri) selfie dengan Presiden ke-5 Indonesia Megawati Soekarnoputri, Raja Salman didampingi Presiden RI Joko Widodo di sela kunjungan Raja Arab Saudi tersebut di Istana Negara, Jakarta, Kamis (2/3/2017). Rangkaian acara Raja Salman kemarin adalah kunjungan ke Masjid lstiqlal, DPR, dan bertemu tokoh Islam, serta menanam pohon ulin.