Published On: Mon, Aug 3rd, 2015

Alami Kekeringan, Sebagian Warga Sikka NTT Cari Air Dari Pepohonan!

Musim kemarau di Desa Iligai, Kecamatan Lela, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur kali ini memaksa sebagian warga sekitar untuk mengkonsumsi air dari pepohonan.

Kemarau panjang kali ini lebih panas dari sebelumnya sebab dipicu oleh El Nino.

Seperti yang dikutip dari antaranews (3/8/2015) Valentino Maying selaku Kepala Desa Iligai menungkapkan “Sejumlah warga di Dusun Baoletet di Desa Iligai, Kecamatan Lela, terpaksa menyadap air dari pohon pisang dan pohon jenis peri,” ujarnya.

Dalam keterangannya, Valentino menjelaskan jika pohon pisang dan juga pohon peri tersebut dipercaya oleh masyarakat sekitar memiliki parajumpers Windbreaker Echo kadar air yang tinggi sehingga dapat menghasilkan banyak air. Oleh karena itu, merekapun memanfaatkan air dari pohon-pohon parajumpers Windbreaker Truman tersebut untuk keperluan hidup sehari-hari.

Adanya musibah kekeringan ini, pihak pemerintah setempat justru seakan tidak mengambil andil untuk memberikan bantuan. Pengiriman air bersih dengan canada goose tilbud menggunakan truk-truk ke setiap pelosok kabupaten tersebut justru mematok harga dari Rp. 500.000 sampai dengan Rp. 1.000.000 ke setiap warga.

Menganggapi masalah kekeringan tersebut, Silvanus Tibo selaku Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sikka mengatakan “Kondisi seperti itu terjadi bukan hanya di Kabupaten Sikka, tetapi hampir merata di kabupaten lain di NTT karena iklim dan cuaca serta waktunya (musim kemarau) memang harus terjadi demikian, sehingga tidak perlu panik dan tidak perlu pula dipertentangkan,” ungkapnya.

<fjr>