Published On: Thu, Feb 4th, 2016

Amerika Nekat Lewati Perairan China Walau Sudah Tertangkap Basah!

Kapal perang Amerika Serikat yang mendekati pulau sengketa di Laut China Selatan diusir Pasukan militer China. Kapal itu bukan pertama kalinya melewati perairan tersebut.

Seperti yang Berita Benar lansir dari AsiaOne, Minggu (31 Januari 2016) yang menyebutkan bahwa Kementerian Pertahanan Nasional China mengatakan insiden itu terjadi pada Sabtu pekan lalu. Dalam pernyataannya, China mengatakan kapal perusak AS USS Curtis Wilbur memasuki perairan dekat kepulauan Xisha atau yang dikenal sebagai Paracel.

“Melihat ada kapal yang mendekat, maka para tentara China yang bermarkas di kepulauan itu dan kapal perang serta pesawat melakukan respons secepatnya, mengambil langkah pencegahan, identifikasi dan verifikasi terhadap kapal perang AS,” kata Yang Yujun selaku juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional China.

Tindakan yang dilakukan pihak AS ini merupakan sebuah pelanggaran serius hukum internasional dan berdampak terhadap keamanan dan perdamaian kawasan tersebut. Tapi, pihak dari AS menganggap kawasan itu sebagai perairan internasional yang seharusnya bisa dilalui pelayaran dengan bebas. Paracel diklaim juga oleh Vietnam dan Taiwan.

“Kami tidak kapok dan akan melakukannya lagi atas nama kebebasan navigasi di wilayah yang diyakini kaya minyak dan gas itu,” ujar Pejabat AS yang dikutip Berita Benar dari Reuters.

Bahkan AS juga menegsakan bahwa mereka tidak pernah melakukan patroli laut di kawasan 12 mil laut dari tujuh wilayah yang diklaim China sejak tahun 2013.

Tapi disisi lain, Yang Yujun menyatakan tindakan AS tersebut tidak layak karena membahayakan tentara kedua negara.