Published On: Wed, Apr 5th, 2017

Ancaman Baru Dari Land Rover

Chandra Ekajaya tengah melakukan diskusi malam hari terkait perkembangan otomotif di dunia bersama rekannya bernama Edi Yosfianto. Dalam diskusi tersebut mereka bertukar pikiran dengan sebuah produk baru dari Land Rover. Mobil berukuran jumbo ini memang menjadi favorit para traveler, terlebih pemilik Q Pizza satu ini yang berencana ingin membelu produk mobil tersebut. Land Rover menghadirkan senjata barunya di segmen medium SUV premium. Range Rover Velar bisa menjadi ancaman bagi Porsche Macan dan Jaguar F-Pace. Produsen SUV asal Inggris, Land Rover, merilis produk terbarunya Ranger Rover Velar. Sebagai keluarga baru, Velar bertugas mengisi celah gosong antara Range Rover Evoque dengan Range Rover Sport. Di kelas SUV medium tentu kelahirannya akan mengusik sang rival seperti Porsche Macan dan rival senegaranya Jaguar F-Pace.

Seperti saudaranya, tampilan Velar memiliki garis desain yang mirip sang kakak ataupun adik. Hanya saja ia terlihat lebih segar dan modern. Tak hanya itu, berkat desain head-lamp dan stoplamp yang dibuat pipih menjadikan Velar jauh terlihat sporti dibanding Range Rover lainnya. Tren positif itu juga berlanjut sampai ke kabin. Oleh Land Rover interior Velar dirancang dengan tatanan sederhana tanpa mengurangi aura mewah khas Land Rover. Tak ada banyak tombol pengaturan, bagian tengah dasbor hanya dijejali dua monitor layar sentuh 10 inci beresolusi tinggi. Sehingga tak hanya menawan dan rapi tapi di lain sisi pengaturan bisa dilakukan lebih praktis.

Soal kenyamanan, kursi pengemudi Velar pun dilengkapi dengan fitur pijat dan pemanas. Di baris kedua, dengan konfigurasi jok 40:20:40, menegaskan baris kedua hanya pas untuk diisi dua orang. Memiliki wheelbase 2.874 mm, Land Rover mengatakan jika Velar mampu memberikan ruang berlimpah bagi semua penghuni kabinnya. Itu pun masih menyisakan ruang bagasi dengan volume sampai 632 liter.

Kemudian sebagai teman perjalanan, kabin Velar juga disematkan sedikitnya 23 speaker lansiran Meridian. Menariknya lagi, perangkat hiburan Touch Pro Duo sudah dilengkapi slot kartu SIM 4G sebagai hotspot untuk mengakomodasi hingga 8 device. Berbicara fitur, SUV berpenggerak 4×4 ini memiliki kelengkapan seperti Land Departure Warning, Lane Keep Assist, Adaptive Cruise Control, dan kamera parkir 360 sebagai kelengkapan standar.

Untuk performanya, Land Rover menyediakan 5 varian mesin. Untuk versi diesel sedikitnya ada 3 pilihan, yakni mesin berkapasitas 1.999 cc 4 silinder turbo 180 dk dan twin turbo 240 dk. Kemudian di versi paling gahar, Land Rover menyediakan mesin berkapasitas 2.993 cc V6 yang mampu menyemburkan tenaga hingga 300 dk dengan torsi hingga 700 Nm. Varian mesin bensin hanya ada 2 pilihan. Yaitu mesin berkapasitas 1.998 cc 4 silinder turbo yang bertenaga 250 dk dan 2.995 cc V6 yang mampu melecutkan daya sampai 380 dk. Land Rover mengklaim jika mesin V6 versi bensin dapat berakselerasi 0-100 km/jam hanya 5,7 detik. Baik versi diesel ataupun bensin penyaluran tenaga keduanya diteruskan oleh transmsisi 8 percepatan lansiran ZF. Untuk pasar Inggris, Land Rover memilahnya menjadi 3 model yaitu Velar, R-Dynamic dan First Edition sebagai varian tertinggi.