Published On: Wed, Dec 23rd, 2015

Angka Penurunan Harga BBM Siap Diumumkan Pemerintah Hari Ini!

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, di tahun 2016 mendatang harga Bahan Bakar Minyak (BBM) akan mengalami penyusutan. Namun, untuk melakukan langkah tersebut, pihak Pertamina harus melakukan berbagai analisa bersama dengan pemerintah untuk mengambil keputusan. (BBM Akan Turun Harga di Tahun 2016)

Namun sepertinya penurunan harga BBM akan benar-benar terealisasikan. Sebab hari ini (23/12/2015), pemerintah berencana akan mengumumkan harga pasti BBM untuk Januari 2016. Saat ini, harga BBM diperkirakan akan turun sekitar Rp. 200 sampai dengan Rp. 300 per liternya. Sedangkan untuk BBM berjenis solar, kemungkinan akan turun lebih tajam yakni lebih dari Rp. 500 per liter.

Seperti yang dilansir Berita Benar dari laman Detik (23/12/2015), penurunan harga ini terjadi karena harga minyak dunia yang terus merosot. Bahkan selama 1,5 tahun ini harga minyak dunia turun hingga 68% dan menyentuh angka US$ 36 per barelnya.

Sudirman Said selaku Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan jika kondisi penurunan harga minyak dunia ini membuat pemerintah harus melakukan penyesuaian harga. Oleh karena itu, ia memastikan jika BBM akan turun di bulan Januari tahun 2016 mendatang. Namun sayangnya, hingga saat ini ia belum bisa memastikan berapa angka penurunan harga BBM larna saat ini masih dalam tahap kalkulasi.

<fjr>