Published On: Fri, Mar 3rd, 2017

Angkat Pertumbuhan Ekonomi Global Meningkatkan Kinerja Logistik Asia

BERITABENAR-Dewan Pemakai Jasa Angkutan Indonesia (Depalindo) Pusat menjadi tuan rumah pagelaran even internasional Global Ship-pers’s Alliance (GSA) dan Asia Shippers’s Alliance (ASA) atau even pertemuan internasional eksportir dan para asosiasi pengusaha tingkat dunia dan asia yang bakal digelar di Indonesia Con-vention & Ekshibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan pada 3 Maret 2017 mendatang.

Ketua Umum DPD Dewan Pengguna Jasa Pelabuhan Indonesia (Depalindo) Sumut Hendrik H Sitompul di Medan, Kamis (2/ 3) menjelaskan, even internasional ini digelar tiap tahunnya. Dan tahun ini digelar di Indonesia dimana Depalindo yang merupakan dibawah binaan Kementrian Perdagangan RI Depalindo Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah penyelanggara tersebut.

Dalam kesempatan itu Hendrik menjelaskan mengapa isu yang diangkat soal peningkatan kinerja logistik asia berdampak pada pertumbuhan ekonomi global. Menurutnya peranan Indonesia dalam kancah perdagangan asia dan global khsususnya dalam prospek peluang serta mampu mengatasi kendala-kendala di sektor logistik.

“Di tingkat global, Indonesia adalah salah satu negara yang ikut G20. Dimana kelompok G20 ini menguasai hampir 90% total produk nasional bruto, 80% total perdagangan dunia dan dua pertiga total populasi penduduk dunia. Ekonomi Indonesia mempunyai kemampuan akselerasi pertumbuhan positif disaat sebagian negara besar mengalami pertumbuhan negatif,” ucap Hendrik.

Dari sisi kebangkitan perekonomian, Hendrik membahas soal perlunya meningkatkan kinerja logistik di Asia. “Isu peningkatan kinerja logistik akan kita suarakan dalam forum pertemuan itu. Agar para stakeholder dapat memahami perlunya kekuatan ekonomi disektor logistik dikuatkan,” terangnya.

Hendrik H Sitompul MM yang juga Alumni PPRA 52 Lem-hannas RI mengatakan, pembahasan dalam sistem logistik di Indonesia sangatlah kompleks.
Untuk itu, pengembangan sistem logistik nasional dapat dibuat dengan membangun konektivitas atau keterhubungan pusat-pusat ekonomi antar koridur.

“Berbagai faktor seperti keragaman komoditas, luas wilayah, kondisi geografis dan kondisi infrastruktur. Banyak pihak terkait dalam sistem logistik nasional itu. Berangkat dari perspektif tersebut, untuk mendukung upaya meningkatnya efektifitas serta menekan biaya tinggi di sektor logistik, maka Depalindo memandang perlu dilakukannya diskusi panel dengan tema Meningkatkan Kinerja Logistik Asia untuk Pertumbuhan Ekonomi Global,” ucap pria yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD Medan dari Fraksi Partai Demokrat itu.

Dalam acara itu, sambung Hendrik, beberapa negara-negara tetangga menghadiri kegiatan tersebut. Sekitar 17 negara akan hadir dalam pertemuan tahunan itu. Panitia juga secara khusus mengundang Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita sebagai Key-note Speaker sekaligus membuka kegiatan tersebut.amvREU