Published On: Mon, Apr 10th, 2017

Anthurium Tanaman Berdaya Tarik Tinggi

Anthurium, siapa yang tak kenal dengan tanaman hias satu ini, terutama penggemar tanaman, pasti mengenalnya. Jenis tanaman hias bunga Anthurium pernah fenomenal beberapa tahun lalu dengan harganya yang melangit, hingga jutaan rupiah. Karena selain memiliki sosok bunga yang unik, penampilan tanaman hias satu ini sangat khas dan menarik. Bagi penggemar agrobisnis, keindahan daun Anthurium merupakan daya tarik tersendiri.

anthurium2

Chandra Ekajaya salah seorang pengusaha yang bergerak di bidang agribisnis ini masih melihat peluang yang besar bagi tanaman satu ini. Sebagaimana bisnis tanaman lain, bisnis ini tidak menyita waktu kerja Anda. Jadi, tidak perlu mencemaskan apakah mengganggu kerja atau tidak, karena memang tidak mengganggu sama sekali. Kalangan menengah ke atas dan pecinta tanaman adalah target konsumen dari Chandra Ekajaya. Tetapi, tidak menutup kemungkinan segmen market lainnya juga membelinya sebagai hobi.

Sebelum memulai bisnis ini dahulu, Chandra Ekajaya mencari banyak informasi tentang tanaman ini terlebih dahulu hingga benar-benar paham. Setelah itu ia memilih jenis bunga anthurium yang akan dibudidayakan, yaitu jenis anthurium black beauty, anthurium jenmanii, anthurium jati. Banyaknya jenis tanaman ini tentunya mempunyai kualitas yang macam-macam, begitu juga dengan harga nya. Untuk jenis jenmani, bibit setinggi 2 cm harganya sekitar Rp 100 ribu, yang remaja setinggi 20-25 cm harganya Rp 400 ribu sampai Rp Rp 600 ribu berisi 4-5 daun dalam 1 pot.

anthurium

Chandra Ekajaya sangat mengenal sekali tentang seluk beluk tanaman ini, bahkan dari perawatan semasa masih sebuah bibit hingga tanaman dewasa ia mengetahuinya semua. Itulah yang menjadi kunci kesuksesan dari bisnis anthurium nya ini. Banyaknya konsumen dari berbagai macam daerah tentunya membuat ia tak pernah sepi akan pembeli. Selain itu kontes yang melibatkan tanaman ini juga sering digelar di berbagai daerah dengan hadiah yang lumayan cukup besar. Itulah yang menjadi daya tarik dari tanaman ini.

Untuk masalah pemasaran sendiri Chandra Ekajaya memasarkan lewat toko tanaman yanag ia kelola di seberang kebun tempatnya membudidayakan tanaman ini dan juga melalui beberapa sosial media seperti, facebook, twitter dan juga instagram. Bursa dalam sebuah kontes pun tak pernah ia lewatkan, karena pada saat bursa ini digelar biasanya para master dan juga pemula dalam hal tanaman ini berkumpul jadi satu untuk membeli bibit terbaik.