Published On: Mon, Mar 14th, 2016

Armada Taksi Berunjuk Rasa Penuhi Jalan MH Thamrin

demo taksi

Foto: Tommy (Wartawan Berita Benar)

Pagi ini jalanan MH Thamrin sedikit berbeda dengan hari biasanya. Puluhan armada taksi saat ini sedang terlibat dalam demo angkutan umum yang terjadi di depan Balai Kota DKI Jakarta. Taksi-taksi ini berkonvoi dari berbagai penjuru menuju Monas untuk melakukan aksi demonstrasi. Dalam demonstrasi yang dilakukan kali ini, mereka menuntut akan keadilan fasilitas yang didapatkan oleh taksi yang berbasis aplikasi.

Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama atau yang kerap disapa dengan nama Ahok pun sudah akan bicara mengenai hal ini. Ia menghargai aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh para supir taksi tersebut. Ia juga tidak berkilah bahwa taksi yang berbasis aplikasi ini memang terbilang ilegal dan belum memenuhi aturan.

Ahok menambahkan kalau ia memang sudah menekan Uber untuk segera menyelesaikan masalah tersebut ke Dinas Perhubungan. Ia juga mengatakan kalau transportasi berbasis aplikasi tersebut memang harus memiliki izin yang sesuai dengan peraturan yang berlaku disini. Ahok sendiri memang tidak melarang adanya taksi berbasis aplikasi tersebut, terlebih lagi sekarang memang sudah jaman semua berbasis online. Hanya saja yang diminta oleh Ahok adalah aturan main yang memang harus diikuti oleh para perusahaan yang menyediakan aplikasi itu.

Untuk masalah ini, Ahok mengatakan kalau memang ia tak dapat berbuat banyak karena ini memang di luar wewenang dari Pemprov DKI Jakarta. Ia tak dapat semena-mena menutup transportasi berbasis aplikasi tersebut, sebab hal ini merupakan bagian dari kewenangan Kemenkominfo.