Published On: Thu, Mar 31st, 2016

Aturan Baru Kemenaker, Karyawan 1 Bulan Berhak Dapatkan THR

THR

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) mengeluarkan sebuah peraturan baru mengenai Tunjangan Hari Raya (THR) yang harus dibayarkan oleh perusahaan kepada karyawannya. Peraturan baru tersebut mengatakan bahwa setiap karyawan yang telah bekerja selama kurun waktu satu bulan telah berhak mendapatkan THR.

Peraturan ini sebelumnya tercantum dalam Peraturan Menteri Nomor 4 Tahun 1994, namun sekarang diubah dan mengacu pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016. Jika pada peraturan yang lama mengatakan bahwa THR sudah bisa didapatkan bagi karyawan yang sudah bekerja dalam kurun waktu 3 bulan, pada peraturan baru ini, karyawan yang baru bekerja 1 bulan juga sudah berhak menerima THR. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Kemenaker, Haiyati Rumondang, seperti yang dilansir pada laman Kementrian, Kamis (31/03/2016).

Untuk besaran THR-nya sendiri juga dihitung secara proposional melalui komponen masa kerja karyawan. Semua itu mengacu pada perhitungan masa kerja tahunan dan besar upah bulanan dari karyawan tersebut. Peraturan ini berlaku untuk semua perusahaan, dimana setiap perusahaan yang tidak memberikan THR kepada karyawan maka akan mendapatkan sanksi denda dan sanksi administratif.

Haiyani juga menambahkan, semoga dengan adanya peraturan baru tersebut, perusahaan akan semakin tertib dan melaksanakannya agar tidak lagi ada kasus-kasus yang mencuat seperti yang di Karawang banyak karyawan yang tidak mendaptkan haknya secara penuh. <bmz>