Published On: Mon, Dec 28th, 2015

Badai Amerika Serikat Telan 11 Orang Tewas di Malam Natal

Tepatnya, Minggu 27 Desember 2015, wilayah Dallas, Texas, Amerika Serikat, dilanda badai yang disertai hujan lebat dan angin puting beliung. kejadian itu menyebabkan 11 nyawa melayang.

Bukan hanya menewaskan warga, badai ini juga menghancurkan sejumlah rumah, aliran listrik ke rumah warga juga terputus, serta terjadinya gangguan transportasi warga yang hendak pulang selepas menikmati libur Natal. Ironisnya, kejadian ini juga menghancurkan lebih dari 600 gedung di Texas utara yang juga mengalami kerusakan akibat angin puting beliung dan badai ini.

“Semua benar-benar hancur total. Ini adalah pengalaman yang sangat sullit, karena kami di landa badai besar saat Natal,” ujar juru bicara Kepolisian Garland, Letnan Pedro Barineau.

Bencana ini menimbulkan kerusakan parah khususnya di wilayah Garland, Dallas Timur Laut. Sedikitnya delapan orang tewas dan mobil-mobil beterbangan ditiup angin puting beliung di wilayah ini, sedangkan rumah-rumah rata dengan tanah.

Korban tewas yang tercatat di Kota Dallas sebanyak tiga jiwa, dan masih banyak sejumlah warga yang duilaporkan mengalami luka-luka di wilayah ini. Kota Dallas ini merupakan kota yang memiliki penduduk terpadat keempat di Amerika Serikat dengan jumlah penduduk tujuh juta warga.

Sedangkan di wilayah lainnya dilaporkan ada lima orang tewas, dan ini merupakan tempat terbanyak memakan korban jiwa. Tepatnya di Garland, tercatat banyaknya kendaraan yang terkena terjangan angin puting beliung di jalan bebas hambatan 190 dan jalan bebas hambatan federal 30.

Sebelum kejadian ini menimpa warga AS, Badan Cuaca Nasional Amerika Serikat sempat mengeluarkan peringatan cuaca buruk untuk sebagian besar wilayah tengah Amerika Serikat pada Sabtu, 26 Desember 2015 lalu. Selain Texas, lokasi yang disebut rawan antara lain sebagian wilayah New Mexico, Oklahoma, dan Kansas.