Published On: Tue, May 10th, 2016

Bandwith Internet Dicuri, Telkom Alami Kerugian Rp 15 Miliar

631462787186

Pencuri bandwith yang menyebabkan PT Telkom mengalami kerugian akhirnya tertangkap. Subdirektorat Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya sudah mengamankan sembilan pelaku yang selama ini beraksi mencuri bandwith internet. Kerugian yang dialami oleh PT Telkom hingga mencapai Rp 15 Miliar.

“Subdit Cyber Crime berhasil mengungkap dalang pencurian dari kasus tindak pidana ITE, transfer dana, dan atau pencucian uang. Dalam kasus ini ditetapkan ada sembilan orang yang melakukan pencurian bandwith dengan perubahan sistem dan jaringan internet,” kata Awi Setiyono selaku Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi, seperti dilansir dari Beritasatu, Selasa (10 Mei 2016).

Awi mengungkapkan kesembilan tersangka yang ditangkap diantaranya yakni berinisial RH, AK, KA, YP, EJ, AB, dan SPB. Pelaku yang terlibat dalam kasus tersebut ternyata dari orang dalam, tiga orang yang bekerja outsourcing PT Telkom, dan lima orang sipil.

Dalam mengungkap pencurian bandwith internet tersebut, Subdirektorat Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya telah melakukan penyelidikan sejak 28 Maret 2016.

Pelaku melakukan aksinya dengan berbagai cara, mulai dari memasang iklan upgrade bandwith Speedy Telkom di media sosial seperti Facebook maupun BBM grup, lalu menghubungi para pelanggan PT Telkom. Bahkan, mereka juga menyampaikan kegiatan mereka legal dan bekerja sama dengan PT Telkom.

Atas perbuatannya, para tersangka terancam dijerat Pasal 362 KUHP dan atau Pasal 30, 32 UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektonik, Pasal 85 UU RI Nomor 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana, Pasal 3,4,5 UU RI Nomor 8 tahun 2010 terkait TPPU. Maka, pelaku tersebut akan terancam hukuman maksimal 20 tahun dan denda Rp10 miliar.