Published On: Tue, Feb 28th, 2017

Belajar Tata Surya dengan Metode Ekspositori dan Media Video

BERITABENAR-DALAM upaya meningkatkan pengetahuan siswa, kita sebagai guru selalu berusaha untuk memotivasi belajar siswa dengan menggunakan berbagai metode dan strategi pembelajaran yang sesuai sehingga harapan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dapat terpenuhi.

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), khususnya materi Tata Surya merupakan materi yang sangat luas dengan objek-objek yang beranekaragam dan bahkan lokasinya sangat jauh atau di belahan bumi yang lain, dalam waktu yang lama. Dari permasalahan tersebut guru berusaha untuk mencari solusi agar dapat menyajikan materi tata surya dengan hasil yang baik, tidak membosankan, menarik dan efektif, serta aefisien. Dalam hal ini guru menerapkan metode ekspositori berbantuan media video atau mengkombi-nasikan metode ekspositori tersebut dengan media video untu menyajikan materi IPA khususnya tata surya.

Pengertian metode ekspositori adalah metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara penyampaian materi pelajaran kepada siswa secara langsung, siswa tidak perlu mencari dan menemukan sendiri fakta-fakta, konsep dan prinsip karena telah disajikan secara jelas oleh guru. Di sini, siswa mengikuti pola yang ditetapkan oleh guru secara cermat.

Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode ekspositori cenderung berpusat kepada guru. Guru aktif memberikan penjelasan atau informasi pembelajaran secara terperinci tentang materi pembelajaran. Metode ekspositori sering dianalogikan dengan metode ceramah, karena sifatnya sama-sama memberikan informasi.

Adapun ciri-ciri metode ekspositori meliputi; pertama,di-lakukan dengan cara menyampaikan materi pelajaran secara verbal, artinya bertutur secara lisan merupakan alat utama dalam kegiatan belajar mengajar, oleh karena itu guru sering mengidentikkannya dengan ceramah. Kedua, materi pelajaran yang disampaikan adalah materi pelajaran yang sudah jadi seperti data atau fakta, konsep-konsep tertentu yang harus dihapal sehingga tidak menuntut siswa untuk berpikir ulang.

Tujuan utama pembelajaran dengan metode ini adalah penguasaan materi itu sendiri, artinya setelah proses pembelajaran berakhir siswa diharapkan dapat memahaminya dengan benar dan dapat mengungkapkan kembali materi yang telah diuraikan dan dijelaskan oleh guru.

Media

Guna menunjang pembelajaran ini dibutuhkan media. Media merupakan segala sesuatu yang digunakan guru untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa sehingga kegiatan pembelajaran efektif dan efisien. Pemilihan media dilakukan guru berdasarkan isi materi dan metode pelajaran yang digunakan.

Sedangkan media video di-sini merupakan media yang menarik untuk menyampaikan materi pembelajaran IPA kepada siswa khususnya pada materi tata surya dan media video ini merupakan media yang menyenangkan. Jika media yang menyenangkan ini dipakai dalam proses pembelajaran, maka akan dapat membawa suasana menyenangkan dalam proses pembelajaran.

Kalau siswa mendapati suasana yang menyenangkan dalam proses pembelajaran mereka tidak akan merasa jenuh. Lebih dari itu, manfaat dan karakteristik lain dari media video pada proses pembelajaran, adalah: (a), mampu menggambarkan peristiwa-peristiwa secara realistis dalam waktu yang singkat; (b), mengembangkan pikiran dan pendapat parasiswa; (c), dapat diulang-ulang bila perlu untuk menambah kejelasan; (d), materi yang disampaikannya cepat dan mudah diingat; (e), megembang-kan pikiran dan pendapat para siswa;

Bagaimana langkah-langkah pembelajaran metode ekpositori berbantu media video ini? Berikut tahapan yang dilakukan adalah pertama, Persiapan (Prep-aration), pada tahap ini guru mempersiapkan materi pelajaran yang sistematis lengkap dengan video yang akan ditayangkan dalam proses pembelajaran; Kedua, penyajian (Presentation), guru menyajikan materi pelajaran secara lisan dan menyampaikannya dengan persiapan yang telah dilakukan menayangkan video pembelajaran yang telah disiapkan.

Ketiga, Korelasi (Correlation), dalam proses ini guru menghubungkan materi pelajaran dengan pengalamany ang dimiliki siswa dalam kehidupan sehari-hari. Keempat, menyimpulkan (Generalization), untuk memahami inti dari materi pelajaran yang telah disajikan, guru meminta siswa mengambil suatu kesimpulan dari materi yang telah diajarkan dengan kalimat yang disusun sendiri. Kelima, Mengaplikasikan (Application), setelah siswa menyimak penjelasan guru, kemudian guru menguji kemampuan siswa dengan memberikan tugas yang relevan atau mengadakan tes dari materi yang diajarkan.

Selanjutnya dengan diterapkannya metode ekspositori berbantuan media video ini maka siswa akan mendapatkan sumber belajar yang lebih bervarisi dan guru dapat lebih meningkatkan pemanfaatkan teknologi khususnya teknologi berbasis elektronik dalam kegiatan pembelajaran. Untuk mendapatkan materi video pembelajaran tata surya kita dapatkan sebanyak mungkin dari internet sesuai dengan kebutuhan dalam menyajikan suatu bahan pelajaran. Semoga bermanfaat.

Penulis, guru IPA SMPN 6 Salatiga.