Published On: Tue, Apr 5th, 2016

Berantas Penangkapan Ikan Ilegal, Pemerintah Musnahkan 23 Kapal Asing!

354035_620

Dalam upaya memberantas adanya penangkapan ikan secara ilegal, Pemerintah bersama dengan Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan atau Satgas 115 melakukan pemusnahan terhadap beberapa Kapal Ikan Asing (KIA) yang masih beraktivitas diperairan Indonesia.

Dalam pemusnahan Kapal Ikan Asing (KIA) yang dilakukan kali ini petugas mengantongi 23 barang bukti yang membuktikan bahwa mereka melakukan illegal fishing. Susi Pudjiastuti selaku Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), mengungkapkan bahwa kapal-kapal asing yang dimusnahkan adalah barang bukti dari penangkapan ikan secara ilegal yang dilakukan langsung oleh Satgas 115 diantaranya yaitu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Polair, dan TNI AL.

Seperti yang Berita Benar lansir dari Republika, Selasa (05 April 2016), secara serentak tim Satgas 115 menenggelamkan kapal asing di Pusat Pengendalian Ditjen PSDKP KKP, Gedung Mina Bahari IV, Jakarta Pusat sekitar pukul 10.00 WIB.

Selaku Komandan yang memimpin pemusnahan kapal, Susi Pudjiastuti memberikan perintah untuk memusnahkan barang bukti yang dilakukan secara daring atau via online.

“Mando dua, paus memanggil, siap menenggelamkan kapal. Hitungan mundur, lima, empat, tiga, dua, satu, ledakan. Laporkan,” teriak Susi saat memberikan komando pemusnahan kapal asing ilegal, dikutip dari Republika.

Pemusnahan kapal-kapal tersebut bukan yang pertama kali di lakukan Indonesia, ini adalah penenggelaman kapal yang ketiga kali nya di tahun 2016.

Susi menjelaskan, timnya sudah menenggelamkan sedikitnya 23 kapal asing yang terdiri atas 14 kapal Vietnam dan 10 kapal Malaysia di lakukan di tujuh lokasi berbeda. Di Batam dengan 4 kapal Malaysia dan 1 kapal Vietnam; Tarempa-Riau dengan 2 kapal Vietnam; Idi/Langsa, Aceh dengan 3 kapal Malaysia; dan Tarakan, Kalimantan Utara dengan 2 kapal Malaysia. Kemudian di Belawan, Sumatera Utara ada 1 kapal Malaysia; Pontianak, Kalimantan Barat ada 2 kapal Vietnam; dan Ranai, Kepulauan Seribu ada 8 kapal Vietnam.