Published On: Mon, Mar 6th, 2017

Korea Utara Tuduh Malaysia Lakukan Konspirasi

BERITABENAR-DUBES Korea Utara Korut untuk Malaysia, Kang Chol menuding pemerintah Malaysia berkonspirasi dengan kekuatan musuh dalam penyelidikan pembunuhan Kim JongNam, kakak tiri pemimpin Korut, Kim JongUn.

Tudingan tersebut dilontarkan Dubes Korut, Kang Chol setelah pemerintah Korea Selatan (Korsel) menyebut Pyongyang telah mendalangi pembunuhan Kim JongNam di Malaysia.

Selain itu, Korea Utara menuduh pemerintah Malaysia “bersikap tidak ramah” sesuai skenario yang disusun oleh Korea Selatan, sebagaimana dilaporkan Reuters.

Skenario itu menyebutkan bahwa agen Pyongyang telah membunuh Kim Jong Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Menurut kantor berita Pyongyang, KCNA, menyebutkan Malaysia dengan cepat mengubah sikapnya dan mulai mempersulit masalah itu setelah laporan muncul di Korea Selatan bahwa seorang pria telah tewas diracun, mengutip seorang juru bicara komite negara.

“Yang makin perlu mendapat perhatian serius adalah kenyataan bahwa tindakan-tindakan yang tidak adil di sisi Malaysia bertepatan dengan persekongkolan anti Korut yang diluncurkan oleh pihak berwenang Korea Selatan,” kata KCNA. (tribunnew.com/dtc)