Published On: Fri, Mar 10th, 2017

Disnakertrans akan Panggil Management PT.KCI

BERITABENAR-Berita terkini yang sedang hangat dibicarakan adalah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kolaka dibuat berang dengan ulah man-agcment PT Kartika Cipta Indonesia (KCI). Pasalnya, perusahaan yang bergerak di bidang jasa itu diduga melakukan pungutan kepada pencari kerja yang datang melamar. Informasinya, setiap pencari kerja yang melamar di perusahaaan tersebut dibebankan biaya hingga Rp 1,5 juta.

“Biaya yang dibebankan kepada setiap pencari kerja yang ingin melamar di sebuah perusahaan merupakan pelanggaran. Sebab, setiap perusahaan memiliki kewajiban untuk membiayai proses rekrutmen,” tegas Laode Rahmat, Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Disnakertrans Kolaka saat ditemui di ruang kerjanya. Kamis (9/3).

Terkait dengan adanya pungutan yang dilakukan oleh PF. KCI. terhadap pencari kerja, kata Rahmat pihaknya akan memanggil management PT KCI untuk menjelaskan persoalan tersebut. Apabila panggilan tidak dipenuhi, maka pihaknya akan melayangkan surat peringatan.

Rahmat menambahkan, keberadaan PT KCI belum terdaftar di Disnakertrans Kolaka. “Setiap perusahaan yang beroperasi di suatu wilayah terlebih dulu harus melapor kepada Disnakertrans. Tapi PT KCL ini belum melapor kepada kami. Padahal PT KCI.inj perusahaan besar. Jadi mestinya ia tahu aturan,” imbuhnya.

(c/fad)