Published On: Tue, Mar 7th, 2017

Sentuhan Ajaib Berista

BERITABENAR-Berita terkini yang sedang hangat dibicarakan adalah sentuhan ajaib Barista. Bagi penikmat kopi, barista bukan hal yang asing di telinga. Yups, barista adalah sebutan bagi peracik kopi. Tak sekadar bikin kopi jadi nikmat, mereka juga bisa menyajikannya lebih menarik.

“Memang sih, barista bisa disebut bartender. Tapi bahan yang diracik mereka berbeda, tetapi tugas mereka sama yakni meramu minuman agar terasa sedap dicicipi,” kata Renfy Polandos, Barista dari Hotel Ibis, membuka perbincangan. Bagi Renly menjadi barista bukanlah hal yang mudah.

Tak sekadar pekeijaaan. Menjadi seorang peracik kopi yang profesional harus mempunyai dedikasi dan passlon atau hasrat. Selain itu, tentu latihan. Menjadi barista bukan sekadar bakat, guys. Makanya perlu latihan.

Renly harus mengikuti pelatihan agar bisa terampil menjadi seorang peracik kopi ulung. Bukan hanya soal meracik saja, ada proses lainnya, seperti roasWig atau penyangraian. Proses tersebut tentu saja mempengaruhi rasa dan merupakan soal rasa kopi.

Tak hanya itu. kenikmatan kopi Juga sudah dimulai ketika menghirup aromanya. Semua proses itu membuat secangkir kopi menjadi mewah. Ya, kopi bukan sekadar minuman yang bisa kamu teguk seperti saat kehausan. Dan, barista-lah yang memberikan sentuhan ajaib.

Tugas barista memang rumit. Mereka harus tahu mengoperasikan mesin esp-resso yang rumit. Barista Juga membuat dan menyiapkan minuman-minuman yang memakai campuran susu, entah itu cappucclno, latte atau variasi keduanya, (ven)