Published On: Tue, Mar 7th, 2017

Ahok Cuti, Pelanggaran Tata Ruang Tak Terkendali

BERITABENAR-Berita yang sedang hangat dibicarakan saat ini Kalangan DPRD DKI Jakarta kecewa atas maraknya pelanggaran zonasi tata ruang di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Terlebih, kondisi itu terjadi saat Gubernur Ahok cuti Pilkada, beberapa waktu lalu.

“Dinas terkait harus konsisten walau Gubernur Ahok cuti Pilkada. Kalau memang peruntukannya untuk cagar budaya Betawi, ya harus diawasi dengan baik,” ujar Bestari Barus, Anggota Komisi D (Bidang Pembangunan) DPRD DKI Jakarta, Senin (6/3).

Ketua Fraksi NasDem ini menegaskan, saat ini yang berwenang mengawasi zonazi tata ruang adalah Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan DKI Jakarta. Karena itu, agar pelanggaran zonasi tata ruang tidak semakin parah, harus dilakukan pembongkaran paksa.

“Kami meminta agar masyarakat juga ikut mengawasi pelanggaran peruntukan di kawasan Jagakarsa,” katanya. Sebelumnya warga Jagakarsa mengeluhkan atas maraknya proyek pembangunan komersil di kawasan itu.

“Saat Pak Ahok cuti Pilkada pelanggaran peruntukan di Jagakarsa semakin tak terkendali,” kata Burhan, warga Jagakarsa. Dia menyebutkan sebuah proyek pembangunan pertokoan di zona permukiman Jalan Joe, Kelurahan Lenteng Agung, Jagakarsa, tak sesuai peruntukan.

Anehnya, lanjut dia, pembangunan empat unit ruko tersebut terus berlanjut meski beberapa waktu lalu telah disegel oleh Pemkot Jaksel. “Kita menolak kalau kampung kita berubah fungsi dijadikan daerah komersil,” tandasnya.

Terkait hal ini, Kepala Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Jakarta Selatan Syukria mengklaim, pembangunan ruko Jalan Joe, pihaknya sudah mengusulkan rekomendasi teknis pembongkaran kepada pihak Satpol PP. AZS