Published On: Wed, Mar 8th, 2017

Beras Bersubsidi Kuning dan Berkutu

BERITABENAR-Berita yang sedang hangat dibicarakan saat ini setelah dua bulan berhenti pemerintah akhirnya menyalurkan beras keluarga sejahtera (rasta). Namun kualitas program beras bersubsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah itu jelek.

Kejadian ini dialami masyarakat Desa Jurangjero, Ngawen. Rasta sebanyak 9,6 ton yang terlanjur dikirim ke balai desa kualitasnya sangat jelek. Beras tersebut sudah berwarna kuning dan berkutu.

“Karena kualitasnya buruk dan tidak layak konsumsi, warga tidak mau menerima beras bersubsidi tersebut,” kata Kades Jurangjero Yuniarti kemarin.

Buruknya kualitas rasta diketahui saat warga berkumpul di balai desa. Sejumlah karung beras sudah siap didistribusikan. Namun setelah dicek ternyata kualitasnya jelek. Padahal penerima rasta di wilayahnya sebanyak 634 warga.

“Program ini merupakan yang kali pertama di tahun 2017. Biasanya kualitasnya bagus namun sekarang dikembalikan karena tidak layak konsumsi, kata Yuniarti.

Dia meminta Bulog sebagai penyalur rasta agar lebih berhati-hati lagi. Sebelum didistribusikan hendaknya diperiksa dahulu sehingga tidak kerja dua kali.

“Jangan sembarangan mengirimkan beras yang sebenarnya tidak layak konsumsi,” kata Yuniarti. Temuan beras kualitas buruk sudah disampaikan Bulog. Bulog berjanji mengganti beras baru kualitas bagus. Kepastian muncul setelah Bulog melihat beras yang dikirim kualitasnya buruk.

Kasubag Kesejahteraan Sosial Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Gunungkidul Suyono melihat langsung kondisi beras bersibsidi itu. Memang tidak layakkonsumsi.

“Jadi Bulog harus mengganti dengan beras berkualitas bagus dan layak konsumsi. Ini sudah menjadi bagian kesepakatan dengan Bulog. Kalau raskinyang dikirim jelek maka akan diganti yang bagus,” kata Suyono.

Pengganti beras akan langsung dikirim, sementara beras dengan kualitas jelek dikembalikan ke gudang Bulog di Kala-san. Supaya kasus serupa tidak terulang, Suyono berharap warga terlebih dahulu melakukan pengecekan sebelum menerima rasta. (gun/iwa/f))