Published On: Wed, Mar 8th, 2017

Desa Bantu Buruh Tani

BERITABENAR- Berita yang sedang hangat dibicarakan saat ini adalah terobosan terus dilakukan Desa Gebang Kecamatan Tenggarang. Bersama BPD Gebang, mereka mempunyai program bantuan bagi ratusan perempuan yang bekerja sebagai buruh tani di desanya. Desa memberikan bantuan berupa sabit dan capil (topi) sebagai perlengkapan kerja di sawah.

Selama ini, ratusan buruh tani bekerja di sawah tanpa menggunakan pelindung kepala. Selain itu, desa membantu UMKM yang memproduksi kerupuk berupa kompor sebagai penggorengan dan alat potong kerupuk.

Kades Gebang Endang mengatakan kepada Jawa Pos Radar Ijen,dia melihat banyak warganya yang bekerja ke sawah.”Namun mereka tidak memiliki alat kerja yang standar. Misalkan, mereka bekerja ke sawah, menggunakan kain sebagai penutup kepala jadinya kepanasan,” katanya.

Padahal mereka membutuhkan capil sebagai pelindung kepala.”01eh sebab itu, desa memberikan bantuan kepada warga berupa capil,” katanya. Tujuannya agar buruh tani itu tidak kepanasan. Apalagi mereka sangat menggantungkan hidup dari buruh tani.

Selain itu, desa memberikan bantuan ratusan sabit kepada para buruh.”Saya melihat, kebutuhan sabit ini, sangat mendesak. Sebab, mereka juga mencari rumput dan menyiangi padi menggunakan sabit.

Sedangkan, saat ini sabit mereka sudah tidak layak,” katanya. Oleh sebab itu, desa memberikan bantuan sabit. Desa juga memberikan bantuan berupa alat-alat kerja kepada UMKM kerupuk yang ada di desa gebang.”Desa ini pusatnya industri kerupuk. Oleh sebab itu, kami mengalokasikan dana ADD untuk bantuan alat kerja, seperti kompor, wajan penggotengan, serta alat potong kerupuk,” katanya. Harapannya, kata kades, perekonomian di desa gebang semakin tumbuh.”Kalau sudah tumbuh, maka yang untung warga desa sendiri,” katanya, (eko/wah)