Published On: Thu, Mar 9th, 2017

Detergen Ramah Lingkungan Direspons Positif

BERITABENAR-Berita yang sedang hangat dibicarakan saat ini sosialisasi detergen ramah lingkungan dan pemberdayaan ekonomi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) terus dilakukan Smart Clean Semarang, bersama Asosiasi Muslimah Pengusaha (Alisa ) Khadijah ICMI Kota Semarang.

Sejak intensif mengenalkan detergen ramah lingkungan pada Oktober 2016, banyak rumah produksi sabun (RPS) binaan Smart Clean berdiri di sejumlah daerah di Jawa Tengah.

“Detergen ramah lingkungan semakin direspons positif oleh masyarakat. Kami berupaya menyosialisasikan pentingnya produk ramah lingkungan,” kata Manajer Marketing Smart Clean, Zakiah Joban, dalam gathering bersama para produsen detergen ramah lingkungan, di Hotel Candi Indah Semarang, Sabtu (4/3).

Dalam kegiatan bertema Jalin Silaturahmi dan Persaudaraan untuk Kebangkitan Ekonomi Umat itu, Zakiah memaparkan strategi promosi, baik melalui brosur, pamflet, berbagai media sosial, dan fasilitas online.

“Produk detergen cuci piring, pembersih lantai, dan cuci tangan yang ramah lingkungan harus mulai dipasarkan di warung-warung atau toko sekitar kita,” ucap Zakiah yang juga Ketua Alisa Khadijah ICMI Kota Semarang. Dalam gathering tersebut diikuti puluhan peserta dari Semarang, Kudus, Kendal, dan beberapa daerah lainnya.

Direktur Smart Clean, Warjito Suharso mengatakan, tak hanya di Jateng, permintaan pelatihan pembuatan detergen ramah lingkungan sejak Oktober hingga sekarang cukup banyak dari luar Jawa. “Palembang, Kalimantan, Bangka, serta daerah Jabar banyak yang mengajukan pelatihan,” ucapnya.

Visi misi Smart Clean. lanjut dia, adalah dakwah dan dagang. “Dari sisi dakwah, kita harus lestarikan lingkungan, mencintai produk lokal, semangat nasionalisme beli produk Indonesia,” kata dia. Dari sisi dagang, lanjut Warjito, pemberdayaan masyarakat agar tumbuh ekonomi mikro sehingga menggerakkan roda perekonomian. (H14- 57)
Caption:
SAMPAIKAN MATERI: Manajer Marketing Smart Clean, Zakiah Joban menyampaikan materi strategi pemasaran saat gathering di Hotel Candi Indah, Semarang, Sabtu (4/3) lalu. (57)