Published On: Wed, Mar 8th, 2017

Disnakertrans Diminta Mengatasi Pengangguran

BERITABENAR–¬†Berita yang sedang hangat dibicarakan saat ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang diminta membuat komitmen penyerapan tenaga kerja, bersama perusahaan-perusahaan di wilayah Serang Langkah kongkrit itu untuk menanggulangi persoalan pengangguran.

Demikian diungkapkan Bupati Serang Tatu Chasanah, saat menanggapi pemaparan Kepala Disnakertrans Kabupaten Serang HR. Setiawan, dalam Forum Gabungan Perangkat Daerah Kabupaten Serang, di Aula Tb, Su-wandi, Selasa (7/3).

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang sudah pernah membuat MoU penyerapan tenaga kerja bersama beberapa perusahaan. Namun, ia meminta langkah yang sudah digagas itu dikembangkan oleh Disnakertrans sehingga bisa membuka peluang pekerjaan untuk masyarakat
“Terkait persoalan pengangguran, saya meminta ada langkah kongkrit Disnakertrans, seperti membuat perjanjian dalam penyerapan tenaga kerja,” kata Tatu.

Tak hanya itu katanya, agar kuota tenaga kerja yang akan dimasukan ke setiap perusahaan yang sudah melakukan MoU bersama Pemkab Serang dapat tercover, ia meminta Disnakertrans mendata semua jumlah pengangguran. “Ini sangat penting, kita harus punya data. Berapa jumlah pengangguran yang ada di wilayah kita, tegasnya.

Menurutnya, pendataan pengangguran ini harus diperkuat dengan data jelas yang meliputi latar belakang atau identitas dari yang bersangkutan. Data tersebut penting untuk mengetahui persoalan masih adanya warga yang kesulitan mencari pekerjaan dan kemudian dicarikan solusi.

“Kita harus tahu latar belakang pendidikan si pengangguran itu,” tandasnya. Sementara itu. Kepala Disnakertrans Kabupaten Serang HR. Setiawan mengaku sudah bergerak cepat dengan melayangkan surat ke seluruh kecamatan perihal permintaan pendataan warga yang menganggur. “Ibu Bupati (Tatu Chasanah,red) sudah menyampaikan surat ke kecamatan, untuk mendata jumlah pengangguran” ujarnya.

Ia juga mengaku sudah berkoordinasi dengan beberapa perusahaan untuk melakukan MoU. Pihak perusahaanpun meminta ada pertemuan khusus yang membahas substansi dari perjanjian yang diusulkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang.

“Beberapa perusahaan meminta diskusi terkait dengan substansi isi perjanjian,” imbuhnya. (sidik/ mardiana)