Published On: Wed, Mar 8th, 2017

Gunakan Teknologi Secara Bijak

BERITABENAR- Berita yang sedang hangat dibicarakan saat ini adalah anjuran pakar Teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Gajah Mada (UGM), Ir Lukito Edi Nugroho mengatakan, penggunaan teknologi digital untuk berinteraksi, harus dilakukan secara bijak dan cerdas. Sebab, karakter diri seseorang dapat terbaca melalui media sosialnya. Lukito membeberkan, ada beberapa peran yang dapat dimainkan oleh teknologi informasi di perguruan tinggi.

Yaitu sebagai integrator program dan kegiatan perguruan tinggi, enabler bagi perbaikan/penyempurnaan prosesproses akademik dan administratif, munculnya layananlayanan baru yang inovatif, memperluas akses seluruh warga kampus, serta sebagai transformer.

“Dari empat peran tersebut, peran terakhir yang masih belum banyak dimanfaatkan oleh berbagai organisasi termasuk perguruan tinggi di Indonesia. Transformasi teknologi informasi lahir dari penetrasi yang konsisten dan dukungan lingkungan yang kondusif.

Jika keduanya bersinergi dan berlangsung secara terus-menerus, maka terjadi proses akulturasi yang pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya transformasi budaya dalam pemanfaatan teknologi informasi dan nilainilai yang menyertainya,” terang Lukito di sela-sela kuliah umum di Kampus I PNUP, Selasa, 7 Maret.

Dosen UGM yang meraih gelar master dan doktor dari Australia itu menyampaikan, setiap mahasiswa harus mampu membangun image yang berbeda melalui diferensiasi diri.

Sehingga memiliki nilai jual dan orang lain bisa membacanya melalui sikap dan sepak terjang di media sosial. “Membangun diferensiasi diri dapat dilakukan baik secara vertikal maupun secara horizontal. Secara vertikal, diferensiasi diri dapat terbangun apabila mahasiswa memiliki kedalaman spesialisasi ilmu tertentu.

Sedangkan secara horizontal terbangun apabila mahasiswa memiliki wawasan yang luas,” tambahnya. Ketua Prodi TKJ PNUP Fajri Raharjo menambahkan, kuliah umum ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan tambahan pengetahuan bagi mahasiswa dan dosen terkait perkembangan teknologi informasi dan komunikasi khususnya digital. (*)