Published On: Thu, Mar 9th, 2017

Kantongi Nama Calon Dirut Pertamina

BERITABENAR-Berita yang sedang hangat dibicarakan saat ini ada tiga nama yang digadang-gadang akan menduduki posisi direktur utama PT Pertamina (Persero). Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah mengatakan, jajaran dewan komisaris Pertamina telah mengirim 5 calon kepada BUMN, di mana kelima calon tersebut berasal dari internal Pertamina. “Tapi ada tiga terbaik,” terbaik. Lima calon yang diajukan jajaran komisaris dinilai dari leader-ship, bussines equipment, serta dari kemampuan sinergi.

Saat ini, 5 nama calon yang diusulkan jajaran komisaris Pertamina telah sampai di meja pemegang saham, yaiaii Menteri BUMN Rini Soemarno. Edwin mengaku, hasil penilaian yang dilakukan jajaran Dewan komisaris terhadap para calon juga hasilnya memuaskan.

Jajaran komisaris setidaknya banyak melibatkan lembaga dalam melakukan penilaian, salah satunya yang dilakukan oleh PT Daya Dimensi Indonesia (DDI). Meski telag memiliki 3 calon internal yang dijagokan, Edwin mengaku masih belum bisa diumumkan kepada publik. Sebab, calon-calon internal ini juga akan diajukan kepada Presiden Jokowi beserta calon-calon eksternal yang diajukan pemerintah. Menurut Edwin, Presiden Jokowi biasanya meminta calon antara 3 sampai 5 calon. “Masih rahasia, tiga itu internal nanti digabung eksternal saya gak tau ada berapa eksternalnya,” pungkasnya. (dtc/onk).