Published On: Tue, Mar 7th, 2017

Kolaborasi Kelautan Perikanan RI-Saudi Perlu Ditingkatkan

BERITABENAR- Berita yang sedang hangat dibicarakan saat ini adalah kolaborasi sektor kelautan dan perikanan antara Republik Indonesia dengan Arab Saudi perlu untuk lebih ditingkatkan dan tidak hanya berhenti sebatas penandatanganan Nota Kesepahaman.

“Kerja sama Indonesia dan Arab Saudi di bidang perikanan dan kelautan ke depannya diharapkan terus berlanjut dan semakin meningkat, ” kata Anggota Komisi IV DPR Rahmad Handoyo dalam rilis, Senin (6/3).

Menurut Rahmad Handoyo, peningkatan kerja sama sektor kelautan dan perikanan Rl-Saudi juga akan sangat berpengaruh kepada seluruh lini yang terdapat di sektor tersebut di Tanah Air.

Berdasarkan data dari Badan Koordinasi Penanaman Modul (BKPM), sepanjang 2016 Arab Saudi hanya merealisasikan investasi sebesar 900.000 dolar AS.

Nilai investasi tersebut menempatkan Arab Saudi di urutan ke-57, di bawah Afrika Selatan yang menanamkan modalnya sebesar 1.000.000 juta dolar dan Mali yang mampu menginvestasikan 1,1 juta dolar.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (24/2), juga mengatakan bahwa kedatangan Raja Salman berkaitan dengan pembahasan peluang investasi. Darmin menjelaskan bahwa investasi yang berkailan dengan kunjungan Raja Salman ke Indonesia adalah fasilitas industri pengolah minyak mentah dan petrokimia.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan pembangunan sektor kelautan dan perikanan berada di jalan yang benar yang terlihat dari jumlah ekspor yang terus meningkat sedangkan jumlah impor terus menurun setiap tahunnya.

(Ant)