Published On: Thu, Mar 9th, 2017

Permohonan Izin Tinggal WNA Bisa Online

BERITABENAR- Berita yang sedang hangat dibicarakan saat ini adalah Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan terus mempermudah pelayanan pendaftaran permohonan izin tinggal warga negara asing (WNA) secara Online. Pendaftaran tersebut untuk izin tinggal kunjungan (ITK), izin tinggal terbatas (ITAS) dan izin tinggal tetap (ITAP).

Kepala Divisi Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Ke-menkumham) Sumatera Utara, Yudi Kurniadi, mengatakannya usai kegiatan sosialisasi pendaftaran permohonan izin tinggal (ITK, ITAS, ITAP) secara online dan pembayaran penerimaan PNBP layanan izin tinggal melalui bank dengan aplikasi simponi, di Kantor Imigrasi Medan, Jalan Gatot Subroto, Rabu (8/3).

“Sosialisasi ini untuk menyegarkan kembali ingatan masyarakat terutama perusahaan atau lembaga lain terkait kartu izin tinggal terbatas (KITAS), yang dipermudah pelayanan pendaftaran permohonan izin tinggal secara online,” katanya

Ia menjelaskan pihaknya terus berupaya memperbaiki sistem jaringan online agar pelayanan keimigrasian saat melakukan pendaftaran lebih mudah. Sebab, masyarakat dalam hal ini para perusahaan yang merupakan sponsor WNA tersebut, masih mengeluhkan karena terhambatnya jaringan.

“Tidak ada persoalan yang terlalu menghambat dalam pendaftaran ini, hanya saja masalah jaringan tetap terjadi. Karena itu terus memperbaiki jaringan dan akan kita sampaikan ke kantor pusat keluhan masyarakat untuk permudah proses pelayanannya,” ucapnya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Medan, Lilik Bambang Lestari menambahkan melalui situs izintinggal. imigrasi.go.id pihaknya telah menginformasikan bagaimana proses pendaftaran permohonan izin tinggal. Dari situs itu, beberapa perusahaan telah mendaftarkan lewat situs tersebut.

“Namun dari beberapa yang kita undang masih ada sponsor (perusahaan) yang belum mendaftarkan melalui online. Kita terus tingkatkan,” ungkapnya.

Dengan sistem ini, bisa mengurangi masyarakat berhubungan dengan petugas imigrasi sehingga tidak ada terjadi pelanggaran. Apalagi ini salah satu program dari Kementerian Direktorat Jenderal Imigrasi pada 2017 layanan kepada masyarakat melalui elektronik ( E-Commerce).

“Imigrasi akan terus melakukan sosialisasi dan dan kita akan menyiapkan langkah dengan peningkatan jaringan yang akan disampaikan ke pusat,” terangnya.
(wita)

caption:
IZIN TINGGAL: Kepala Kantor Imigrasi Medan, Lilik Bambang Lestari (kiri) didampingi Kadiv Imigrasi Kemenkumham Sumatera Utara, Yudi Kurniadi, sosialisasikan permohonan pendaftaran izin tinggal warga negara asing (WNA) secara online, di kantor imigrasi Jalan Gatot Subroto Medan, Rabu (8/3).