Published On: Wed, Mar 8th, 2017

Tembus 51.526 Jiwa

BERITABENAR-Berita yang sedang hangat dibicarakan saat iniadalah jumlah warga miskin di Kota Pasuruan yang kini tercantum di bank data Dinas Sosial tembus 51.526 dari total masyarakat sebanyak 240 ribu jiwa. Angka itu adalah hasil update sampai dengan pertengahan Maret. Update data tersebut memang tengah dilakukan Pemikot Pasuruan untuk memperbarui data dari Kementerian Sosial.

Adapun sebagai leading sector-nya memang dipegang penuh Dinas Sosial Kota Pasuruan. Pendataan dilakukan dengan melibatkan unsur pemerintahan di tingkat paling bawah, yakni ketua RT dan RW dengan didamping petugas kelurahan. Dengan update data tersebut, pemkot berharap, nantinya pemberian bantuan untuk warga miskin, bisa lebih tepat sasaran.

Raharto Teno Prasetyo, wawali Kota Pasuruan yang mendapat tugas untuk program pengentasan kemiskinan. Teno-panggilan akrab wawali- menyatakan, update data ini diperlukan lantaran pemkot harus memperbarui.

“Dari data Kementerian Sosial, jumlah warga miskin sebelumnya ada sebanyak58.162jiwa. Namun, setelah kami data, jumlahnya turun. Ini, karena ada data ganda yang masuk,” beber Teno saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin (7/3).

Perbedaan data ini wajar, termasuk ada penurunan dari jumlah yang didata pemkot dengan kementerian. Sebab, saat pendataan di lapangan, tidak menutup kemungkinan warga yang tak memiliki KTP Pasuruan atau bernomor induk kependudukan, warga miskin tersebut bukan penduduk asli Kota Pasuruan alias pendatang.

Update tersebut, lanjut Teno, juga karena pasti terjadi perubahan akan status warga. Semisal, di tahun lalu masyarakat tersebut masuk kategori agak miskin. Dan, di tahun ini “nasibnya” lebih beruntung karena ekonominya membaik.(fun)