Published On: Wed, Mar 8th, 2017

Variasi Iklim Pengaruhi Seleksi Alam Secara Global

BERITABENAR-Berita yang sedang hangat dibicarakan saat ini adalah satu tim peneliti internasional telah mendapati hujan dan salju berperan lebih penting daripada sekadar seberapa panas atau dingin cuaca bagi evolusi tanaman serta hewan.

Tim telah mengkaji 1G8 penelitian dan mengukur seleksi alam selama masa tertentu bagi populasi hewan dan tanaman di seluruh dunia. Dari situ, tim tadi berkesimpulan bahwa antara 20 dan 40 persen variasi dalam seleksi berbagai penelitian dapat disebabkan keragaman curah hujan lokal.

Tim terdiri 20 ahli biologi tersebut dari Amerika Serikat (AS), Kanada, Eropa dan Australia menyiarkan temuan mereka di jurnal Science.

“Kami memperlihatkan variasi dalam seleksi biasanya ditambah dengan kondisi iklim bersama, terutama aspek curah hujan,” ujar Stephanie Carlson, Asisten Profesor Ekologi Ikan Air Tawar di University of California, Berkeley, dan penulis bersama studi itu, sebagaimana dikutip Xinhua. ‘Tidak jelas apakah evolusi beradaptasi, atau tidak, akan muncul dalam reaksi terhadap seleksi ini, tapi hasil kami benar-benar menunjukkan bahwa perubahan iklim berpotensi untuk mengubah pola penyesuaian diri di seluruh dunia.”

“Ini penting, terutama mengingat skala global studi ini,” tandas Adam Siepielski, Asisten Profesor di University of Arkansas dan pemimpin studi tersebut, sebagaimana dikutip di dalam siaran pers dari UC Berkeley.

“Hasil ini juga menunjukkan variasi dalam seleksi, sebagian, benar-benar dapat diramalkan berdasarkan pola iklim bersama seperti curah hujan.” Sementara itu, tim tersebut mendapati bahwa perubahan pada temperatur berdampak yang lebih sedi kit dibandingkan curah hujan. “Temperatur tidak memiliki banyak kekuatan untuk menjelaskan,” sebut Siepielski.

“Itu mungkin bertindak pada skala berbeda yang tak bisa kami ambil dari rangkaian data.”

(ant/xinhua-oana/wkp/es)