Published On: Thu, Jul 21st, 2016

Berkat Tax Amnesty, Dana Asing Mengalir Deras ke Indonesia!

tax-amnesty

Dibalik kotroversi akan RUU tax amnesty, ternyata program pengampunan pajak tersebut membawa dampak yang cukup positif bagi Indonesia terutama di sektor keuangan. Bagaimana tidak, di 6 bulan pertama tahun ini program tersebut berhasil menjadi magnet tersendiri agar negara-negara asing bisa mengalirkan dananya ke Indonesia.

Dampak positif dari tax amnesty ini bahkan diprediksi mampu membuat dana dari warfa negara Indonesia yang ada di luar negeri kembali. Menurut catatan yang dikemukakan oleh Bank Indonesia, selama periode bulan Januari hingga bulan Juni 2016 lalu dana asing yang berhasil mengalir ke Indonesia sampai menyentuh angka USD 7,3 miliar. Aliran dana yang masuk kali ini tentunya lebih besar dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai USD 5,1 miliar dalam kurun waktu 1 tahun.

“Posisi cadangan devisa pada akhir Juni 2016 tercatat sebesar 109,8 miliar dolar AS atau setara 8,4 bulan impor atau 8,1 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Angka tersebut berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor,” ungkap Tirta Sagara selaku Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI. Seperti yang dikutip Berita Benar dari laman Detik (21/7/2016).

Efek positif kali ini ternyata tidak hanya berasal dari program tax amnesty saja. Sebab menurut tirta, saat ini ada ketidakpastian perekonomian di dunia terutama efek Brexit. Dengan memisahnya Inggirs dari Uni Rropa membuat pertumbuhan ekonomi di beberapa negara maju dan berkembang melambat. Terutama negara-negara yang memiliki hubungan kinerja kuat baik Inggris dan Uni Eropa.