Published On: Thu, Mar 10th, 2016

Berserakan Bahasa Istilah, Facebook Pasang Pendeteksi Bahasa

yohanes chandra ekajaya

Gebrakan terbaru kembali dilayangkan Facebook untuk mendeteksi bahasa-bahasa istilah yang sering pengguna Facebook pakai dalam berkomunikasi. Kini, Facebook mengumumkan bahwa pihaknya sudah mulai mematenkan perangkat lunak yang akan memindai istilah-istilah baru, kemudian menyimpannya dalam glosarium sosial.

Perangkat lunak ini diberikan mulai dari Februari 2016, dengan begitu sistem ini akan mulai berkerja sebagai pemeriksa pengolah kata yang digunakan sebagai komunikasi user di Facebook. Hal inilah yang disebut neologisme.

Facebook mengakui bahwa dengan perangkat lunak ini pihaknya bisa mengelompokkan kata-kata sederhana yang biasa user gunakan dengan istilah-istilah yang banyak yang orang tidak ketahui. Diharapkan degan sistem ini, Facebook bisa mengerti bahasa istilah yang biasa user gunakan dalam berkomunikasi.

Dari data yang telah dirangkum oleh Grammar Monster, bahas yang tergolong ke dalam contoh kata neologisme diataranya yaitu ‘overshare’, ‘digital detox’, hinha ‘sick’ yang mempunyai kata sifat dengan berarti tanda positif.

Sedangkan untuk hak paten Glosarium Sosial facebook yang menyebutkan bahwa sistem yang digunakan untuk menangkap istilah-istilah slang tersebut. Sebab, kata-kata itu sudah mulai menyebar. Facebook menambahkan sistem itu bisa menemukan kata atau istilah, kemudian memeriksa beberapa kali untuk memastikan bahwa kata atau istilah tersebut belum pernah digunakan. Jika saja frase baru itu menjadi populer, maka akan ditambahkan ke glosarium sosial perusahaan. Facebook berharap dengan adanya software ini juga, user lebih mudah untuk memahami bahasa yang digunakan lawan bicaranya di Facebook.

Selain itu, Facebook juga mengklaim bahwa perangkat lunak nya ini juga mampu untuk menguraikan maksud dari istilah ‘Rickrolled’. Istilah itu disebut-sebut sebagai julukan untuk seseorang yang mengirimkan video lagu ‘Never Gonna Give You Up’ yang dinyanyikan Rick Astley.