Published On: Thu, Mar 2nd, 2017

Besok Muhaimin Buka Konsolidasi Anggota DPRD PKB Se-Sumatera

BERITABENAR-Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ratai Kebangkitan Bangsa (PKB) A Mu-haimin Iskandar akan membuka Konsolidasi Anggota DPRD Se-Sumatera, di Hotel Grand Angkasa, Medan, Jumat (3/3) siang besok.

Koordinator Tim Evaluasi Kinerja DPRD DPP PKB H Marwan Dasopang kepada an-dalas di Medan, Rabu (ly3) mengatakan, konsolidasi ini akan diikuti 320 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) PKB provinsi dan kabupaten/kota se-Pulau Sumatera.

“Konsolidasi ini untuk me-negulikan anggota DPRD PKB sebagai pembela rakyat Tentu sebagai pembela rakyat, anggota DPRD harus diukur kinerjanya,” kata Anggota Fraksi PKB DPR RI asal daerah pemilihan (dapil) Sumut 2 ini.

Selama ini, kata Marwan, tidak ada aturan baku seorang anggota DPRD PKB. Mereka
hanya bekerja berdasarkan improvisasi masing-masing, sehingga banyak anggota DPRD tak mdakukan apa-apa untuk rakyat.

Karenanya, tambah Anggota Komisi IX DPR ini, dalam konsolidasi ini, seluruh anggota DPRD akan diberikan kertas kerja untuk mengukur kinerja mereka. Di dalam kertas kerja itu, tercantum tugas-tugas yang mereka laksanakan mulai dari fungsi pengawasan, penganggaran, dan legislasi.

“Dalam kertas kerja itu akan diketahui program apa yang mereka (DPRD) lakukan. Misalnya apakah mereka melakukan pengawasan. Ranperda apa yang mereka usung, dan program apa yang mereka golkan. Jadi jelas ukuran kinerja anggota DPRD PKB,” kata Ketua DPP PKB ini.

Dalam tugas kepartaian, kata Marwan, angggota DPRD PKB juga harus mendekatkan diri ke masyarakat, melakukan advokasi terhadap persoalan-persoalan masyarakat dan mengunjungi kelompok-kelompok masyarakat “Kertas kerja anggota DPRD akan dievaluasi sekali dalam empat bulan. Bagi anggota DPRD yang punya rapor merah tentu ada punish-ment. Mereka akan diawasi koordinator yang dibagi dalam zona-zona se-Indonesia,” tutur mantan Ketua DPW PKB Sumut ini.

Kunjungi Pesantren

Sehari sebelum membuka acara konsolidasi anggota DPRD, Kamis (2/3) sekira pukul 11.00 WIB, Ketum DPP PKB A Muhaimin Iskandar teriebih dahulu menyapa kaum duafa antara lain abang becak dan anak yatim di Pesantren Nurul Hasanah Jalan Garu I, Medan. Di pesantren ini juga akan digelar doa keselamatan bangsa.

Lalu pada Kamis siang, Muhaimin membuka secara resmi Turnamen Pencak Silat Antarpesantren Se-Sumut, Aceh dan Riau di Pesantren Darul Arafah, Lau Bakeri, Deli Serdang. Kemudian pada Kamis sore, Mu-liaiminmenguniungi RsantrcnJa-bal Nur milik KH Zulfikar Hajar di Sei Mendrim, Sunggal.

Pada Kamis malam, Muhaimin dan rombongan dijamu Gubsu HT Erry Nuradi di Gu-bernuran. Selanjutnya, Muhaimin berdialog dengan ulama-ulama Nahdlatul Ulama (NU) di Kantor PWNU Sumut, Jalan Sei Batanghari, Medan. Lalu Kamis tengah malam, Muhaimin mengunjungi para pemusik muda di Amaliun Fbodcort di Jalan Amaliun. “Sedangkan Jumat pagi, Pak Ketum Muhaimin Iskandarmemimpin apel Barisan Garda Bangsa di Asrama Haji Medan, lalu membuka acara Konsolidasi DPRD se-Sumatera di Hotel Grand Angkasa,” tambah Manvan.iHAM)