Published On: Mon, Mar 7th, 2016

BMKG Siapkan Live Streaming Demi Gerhana Total 9 Maret Mendatang

yohanes chandra ekajaya

Gerhana Matahari Total yang merupakan fenomena paling langka ini akan menjadi sebuah tontonan yang paling mengesankan di awal bulan Maret ini. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa pihaknya siap untuk mengabadikan moment ini bersama semua ornag dengan memberikan tontonan gratis lewat live streaming gerhana matahari total dan parsial pada 9 Maret 2016.

Oleh karena itu BMKG akan menyebar penelitiannya ke 18 kota. Setelah itu, maka mereka akan mengirimkan rekaman dan menyiarkan bagaimana proses munculnya gerhana matahari tersebut ke seluruh pelosok negeri di Tanah Air.

BMKG mengaku bahwa pihaknya sudah membuat persiapan live streaming semaksimal mungkin, bahkan kini sudah mencapai persiapan 100 persen. Petrus Demon Sili selaku Kepala BMKG Kelas I Palu mengatakan untuk persiapan live streaming sudah disiapkan 100 persen.

“Untuk persiapan itu, kami sudah menyiapkan teleskop, teropong sudah oke, semuanya sudah di uji coba,” kata Petrus.

BMKG juga mengumumkan bahwa siapa pun yang ingin melihat live streaming gerhana total tersebut bisa langsung mengunjungi situs resmi BMKG. Siaran live streaming ini baru pertama kali dilakukan pada tahun ini selama gerhana total muncul. Dengan adanya penayangan live streaming ini diharapkan bagi mereka masyarakat Indonesia yang tak bisa melihat secara langsung moment ini bisa ikut serta menyaksikannya. Gerhana matahari total 2016 diprediksi akan melintasi Sumatera, sisi selatan Kalimantan, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Berikut ini daftar kota yang jadi lokasi gambar live streaming BMKG.

Kota di jalur gerhana matahari total

1.Tanjung Pandan (Belitung)
2. Muko-muko (Bengkulu)
3. Palembang
4. Palangkaraya
5. Balikpapan
6. Palu
7. Ternate

Kota di jalur gerhana matahari sebagian

1. Aceh
2. Jakarta
3. Medan
4. Yogyakarta
5. Kupang
6. Manado
7. Bandung
8. Karagkates (Malang)
9. Makassar
10. Ambon
11. Jayapura