Published On: Wed, Aug 5th, 2015

Bonus Ratusan Juta untuk 59 Atlet Berprestasi di SEA Games 2015 dari DKI

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan bonus kepada 59 atlet yang terah mengharumkan nama bangsa pada ajang SEA Games XXVIII yang diselenggarakan di Singapura. Penyerahan bonus ini diwakili oleh tiga atlet dengan peraih medali terbanyak dan tiga pelatih. Tujuan dari pemberian bonus ini sendiri diungkapkan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sebagai suatu apresiasi kepada para atlet dan tentu agar memberikan motivasi baru kepada atlet lainnya agar juga ikut menyumbang medali di ajang-ajang berikutnya.

“Kalau kami hanya dapat mendukung dan memberikan fasilitas agar para atlet bisa latihan maksimal. Biar bisa menjadi kebanggaan bangsa Indonesia,” kata Ahok dalam acara penyerahan penghargaan dan tali asih kepada atlet dan pelatih berprestasi asal Provinsi DKI di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, seperti yang dikutip dari Metro TV, (Rabu, 5 Agustus 2015).

“Bagi atlet yang sudah berhasil menerima bonus dalam bentuk tali asih ini harus dapat dipertahankan, bahkan bila perlu ditingkatkan lagi prestasinya. Sementara bagi yang belum berhasil harus menjadikan momentum ini untuk berlatihlebih keras lagi,” tambah Ahok.

Ketiga atlet dengan perolehan medali terbanyak tersebut masing-masing mendapatkan Rp. 475 juta, Rp. 400 juta dan Rp. 275 juta. Mereka adalah Febrianto Kadir dengan 2 medali emas, dan 1 perak, pada ajang ski air. Kemudian Triyaningsih dengan 2 medali emas pada ajang lomba lari, dan yang terakhir adalah Achmad Hulaefi dengan perolehan 1 medali emas, dan 1 perak.

Untuk pelatih sendiri yang mendapatkan bonus adalah pelatih cabang organisasi atletik, Wita Witarsa dengan 1 medali emasnya mendapatkan bonus Rp. 75 juta. Kemudian Jovinus Carolus Lewagama dengan 1 medali perak mendapatkan 50 juta Rupiah. Dan yang terakhir adalah Dinda Rachmani sebagai pelatih dari cabang renang indah, dengan 1 perunggu mendapatkan Rp. 25 juta.

Pada ajang SEA Games 2015 yang lalu, Indonesia sendiri menempatoi posisi kelima dengan perolehan 47 medali emas, 61 medali perak, dan 74 perunggu. Dari total semua medali yang didapatkan tersebut, sebanyak 15 medali emas, 27 perak, dan 17 perunggu disumbangkan oleh altet DKI Jakarta.