Published On: Fri, Jul 10th, 2015

Buat Gebrakan Baru, Ridwan Kamil Rilis Aplikasi “Tombol Panik” Untuk Smartphone!

Pada hari ini (10/7/2015), Ridwan Kamil berhasil membuat program dan inovasi baru yang dapat bermanfaat bagi para warganya dengan merilis sebuah aplikasi mobile yang dapat digunakan pada saat keadaan darurat.

Seperti yang dilansir dari trubunnews (10/7/2015), Aplikasi yang bernama X-Igent Panic Button ini dapat dimanfaatkan oleh para warga bandung disaat terjadi kecelakaan, perampokan, pembegalan dan lain-lain. Untuk menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah, para penggunanya hanya diharuskan untuk mengisi beberapa data seperti nama lengkap, e-mail, nomor ponsel, kata sandi serta memasukan kontak orang-orang terdekat yang dapat dihubungi ketika dalam keadaan darurat.

Setelah berhasil melakukan registrasi, nantinya widget “SOS” secara otomatis akan tampil di layar ponsel milik penggunanya. Jadi jika pengguna aplikasi tersebut menghadapi keadaan yang cukup darurat, cukup tekan SOS, aplikasi ini pun secara otomatis tersambung ke Bandung Command Center dan langsung meneruskan laporan tersebut ke para petugas yang ada di lapangan.

“Nanti ini terkoneksi dengan kepolisian juga. Sehingga saat titik koordinat penekan tombol sudah muncul, polisi langsung menuju lokasi. Kita lihat juga petugas Kepolisian yang paling dekat lokasinya agar dapat cepat ditangani,” ujar Ridwan Kamil seperti yang dikutip dari Sindonews (31/5/2015).

Aplikasi yang merupakan hasil kreatifitas dari warga Bandung ini merupakan hasil perwujudan dari Smart City yang diusung oleh Kota Bandung.