Published On: Fri, Mar 3rd, 2017

Buku Indonesia Trend Forecasting

BERITABENAR-BADAN Ekonomi Kreatif (Bekraf) melakukan pembenahan guna mendorong peningkatan ekonomi kreatif di Indonesia, terutama dalam aspek ris et dan pengembangan. Salah satu langkahnya dengan meluncurkan buku Indonesia Trend Firecasting(JTF)2017-2018 untuk subsektor desain interior, desain produk, fashion, dan kriya.

Buku ITF dirilis dengan tujuan memberikan terobosan baru dalam dunia perancangan dan desain, yakni dengan mengompilasi warisan budaya dan kearifan lokal dengan tren global yang sedang diminati masyarakat dunia. “Melalui serangkaian riset dan tinjauan berbagai literatur, buku ini dapat menjadi referensi yang baik dan strategis bagi pertumbuhan industri kreatif TanahAir,” ujar Kepala Bekraf Triawan Munaf dalam acara peluncuran b uku JTF yang digelar di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta, Selasa (29/2).

Triawan menambahkan, kurangnya riset dan pengembangan merupakan tantangan dalam subsektor tersebut sehingga produk-produk yang
dihasilkan kurangmemiliki daya saing. Karena itu, kehadiran ITF diharapkan dapat menjadi solusi dari berbagai tantangan yang dihadapi subsektor desain interior, desain produk, fash ion, dan kriya.

“Melalui ilustrasi yang dijelaskan dalam buku Indonesia Trend Forecasting 2017-2018, para pelaku usaha yang bergerak dalam empat subsektor tersebut mendapatkan gambaran seperti apa model yang akan digunakan dalam produk mereka, sehingga dapat membantu proses riset dan pengembangan yang menjadi tantangan dalam subsektor tersebut,” ucap Triawan.

Dalam buku TF terdapat banyak ulasan pembagian subtema tren yang melekat pada keempat subsektor, yaitu ardiean, vigilant, cryptic dan digitarian.

Jika ada yang menginginkan buku ini, Bekraf menyediakannya secara gratis. BukuiTF2017-2018 dapat diunduh secara gratis melalui situs web Bekraf, www.behraf.go. id. * andari novianti