Published On: Fri, Feb 5th, 2016

BUMN Sediakan 18 Bangku Kosong Pengganti Pejabat Dewan Direksi

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengumumkan ada 18 bangku kosong untuk menduduki perusahaan pelat merah setingkat dewan komisaris dan direksi akan habis masa jabatannya pada paruh pertama tahun ini.

“Sebanyak tujuh orang direksi akan habis jabatan pada Januari-Maret 2016, dan 11 lainnya yang merupakan dewan komisaris kurang dari enam bulan lagi (habis masa jabatannya),” tutur Wahyu Kuncoro selaku Deputi Menteri BUMN Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN di kantor Kementerian BUMN, Seperti yang Berita Benar lansir dari metrotvnews, Jumat (5 Februari 2016).

Wahyu juga mengungkapkan bahwa setelah masa tugas pejabat itu berahir, maka yang akan mempersiapkan kandidat penggantinya dilakukan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai pihak yang bertanggung jawab.

Mekanisme pengangkatan kandidat itu sesuai dengan Peraturan Menteri BUMN (Permen BUMN) Nomor PER-02/MBU/02/2015 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota Komisaris dan Dewan Pengawas BUMN dan Permen BUMN Nomor PER-03/MBU/02/2015 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota Direksi BUMN.

Jika ada calon direksi yang datang dari anggota internal perusahaan BUMN maka kementerian meminta rekomendasi dari dewan komisaris terkait. Sementara apabila calon berasal dari eksternal perusahaan pelat merah maka kementerian meminta rekomendasi dari dewan direksi dan deputi yang bersangkutan.

Sedangkan untuk penetapan direktur utama,komisaris utama serta dewan pengawas bagi 20 BUMN strategis itu akan dilakukan Tim Penilai Akhir (TPA) yang diketuai oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Beberapa perusahaan pelat merah yang anggota dewan direksi ataupun dewan komisarisnya akan habis masa jabatannya pada periode Januari-Juni 2016 ini antara lain PT Bank Mandiri Tbk, PT Perusahaan Gas Negara Tbk, dan Perum Jasa Tirta.