Published On: Wed, Feb 22nd, 2017

Bupati Irna Minta Kemendes Bantu Pandeglang

BERITABENAR-Kabupaten Pandeglang berdasaran Perpres Nomor: 131 Tahun 2015 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015-2019 masuk katagori daerah tertinggal. Salah satu upaya untuk melepaskan status tersebut, Bupati Irna Narulita intens melakukan konsultasi dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDT).

Bupati Irna Narulita menyampaikan, beberapa ajuan program dalam pengentasan desa tertinggal. Ia berharap, program tersebut mendapatkan dukungan dari Kemendes PDT agar Kabupaten Pandeglang bisa lari dari predikat daerah tertinggal.

“Kami ucapkan terimakasih, karena banyak program dan bantuan yang diberikan dari Kemendes untuk Kabupaten Pandeglang. Kami juga berharap proyek nasional yang ada di Pandeglang mendapat dukungan dari Kemendes,” kata Irna Narulita melalui siaran pers yang diterima, Selasa (21/2) malam.

Guna mendorong proyek strategis nasional yang ada di Pandeglang, Bupati Irna berharap, dihidupkan BUMDes khususnya di daerah penyangga KEK
Tanjunglesung.

“Banyak sekali Pak Menteri (Eko Putro Sandjojo, red), produk lokal di Kabupaten Pandeglang yang saat ini sudah berjalan. Mulai dari kerajinan tangan hingga olahan makanan yang dapat dikemas lebih baik lagi menjadi produk unggulan. Olahan makanan tersebut diharapkan jadi buah tangan untuk para pengunjung ke lokasi wisata yang ada di Pandeglang, salah satunya dibuat BUMDes,” jelasnya.

Sementara, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengaku, banyak program yang sudah diluncurkan kementeriannya, salah satunya pengembangan BUMDes.

“Kami akan membuat percontohan untuk BUMDes di empat provinsi dian-taranya Jawa Timur dan Jawa tengah, untuk Banten diarahkan ke Kabupaten Pandeglang,” katanya.

Pihaknya juga siap memfasilitasi Kabupaten Pandeglang untuk bisa berlari dari katagori daerah tertinggal.

“Selain di Kemendes, banyak program dari kementerian lain untuk mendukung Kabupaten Pandeglang menjadi kabupaten yang maju. Misalnya Kementerian PUPR dan ESDM,” kata dia.