Published On: Fri, Apr 8th, 2016

Cegah Pencurian Ikan, Menteri Kelautan Tambah 4 Kapal Motor

jaga-laut-ri-menteri-susi-tambah-4-kapal-baru

Dalam upaya melindungi lalu lintas keamanan di perairan Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus memperkuat benteng pertahanan. Hal itu terbukti, KKP menambahkan empat buah armada kapal motor Sistem Kapal Inspeksi Perikanan Indonesia (Skipi). Kapal-kapal motor ini akan beroperasi di di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Susi Pudjiastuti selaku Menteri Kelautan dan Perikanan mengatakan karena banyaknya berbagai insiden yang terjadi di perairan Indonesia itulah yang membuatnya menambahkan armada kapal laut tersebut. Keberadan kapal motor ini juga akan dipakai sebagai sarana mengawasi perbatasan dan wilayah kelautan NKRI.

“Insiden Natuna, kita belajar dari ini kita ingin punya cost guard, Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) dan angkatan laut yang punya kapasitas dan kekuatan untuk menjaga dalam hubungan internasional. Bukan perang yang kita cari tapi kehormatan negara yang kita jaga,” ujar Susi, seperti Berita Benar kutip dari Merdeka, Jumat (8 April 2016).

Kapal Motor ini didesain dengan standar Internasional bahkan telah disetujui oleh Llyod Registe sebagai kapal yang lolos pemeriksaan keamanan untuk dioperasikan di laut. Kapal ini memiliki ukuran panjang 60 meter dan kecepatan 25 knot itu akan menjadi armada yang menjaga kehormatan Indonesia dari negara lain sebagai negara kemaritiman.

Susi juga menjelaskan, dengan adanya 35 unit skipi-skipi itulah maka Indonesia tidak akan kecolongan dari pencuri-pencuri ikan. Dengan kehadiran skipi ini juga bisa jadi investasi dalam jangka panjang buat menjaga habitat ikan di perairan Indonesia.

“Kita belajar dari sini skipi, mengamankan laut-laut lepas kita, ZEE, kita ingin skipi memberikan sinyal kepada pencuri-pencuri kita, menjaga laut kita, tanah air kita, investasi menjadi manfaat buat perairan laut,” pungkas dia.