Published On: Mon, Dec 19th, 2016

Chandra Ekajaya Bawa Jamur Ke Pasar Domestik Dengan Produk Bisnisnya Jamur Lebay

Chandra Ekajaya dikenal sebagai seorang pebisnis muda yang dikenal lewat salah satu produk bisnisnya yaitu jamur lebay. Perjalanan karir bisnisnya dimulai saat lelaki kelahiran Malang, Jawa Timur tersebut berhasil menjadi salah satu pengusaha jamur tersukses di Indonesia.

Perjalanan bisnisnya jamurnya tersebut dimulai dari ketekunannya mengolah sebuah produk berbahan dasar jamur yang kemudian diberi nama Jamur Lebay. Dimulai dari aktifitas budidaya jamur, Chandra Ekajaya kemudian berhasil mengolah produknya sendiri. Ia pun tak tanggung-tanggun mengolah bahan baku tersebut menjadi beraneka macam makanan ringan seperti siomay, abon, roti, katsu, bakso, dan sebagainya. Ke depan ia pun mengaku akan terus mengembangkan bisnisnya tersebut menjadi berbagai produk-produk olahan.

Chandra Ekajaya Bawa Jamur Ke Pasar Domestik1

 

Mengenai pemasarannya, Chandra Ekajaya pun kemudia menyebarkan beberap produknya ke beberapa lokasi perbelanjaan yang tersebar di beberapa daerah-daerah hingga kota-kota besar. Beberapa produk-produk unggulannya dibanderol dengan harga Rp 15 ribu hingga Rp 45 ribu. Harapan ke depan, dalam jangka waktu sekitar 7 tahun, Chandra Ekajaya berharap akan membuka sekitar 800 gerai kuliner jamur di seluruh Indonesia dengan bentuk cabang dan kerjasama.

Untuk melebarka sayapnya, Chandra Ekajaya kemudian juga membuat sistem waralaba agar produk-produk dari Jamur Lebay dapat terdistribusi hingga daerah pelosok dan semua kota besar yang ada di Indoneia. Ia mengaku bahwa dengan melakoni bisnis jamur, kesuksesan demi kesuksesan sangat terbuka lebar dikarenakan kegemaran masyarakat dengan bahan baku tersebut sedang tinggi.

Chandra Ekajaya Bawa Jamur Ke Pasar Domestik2

Baginya kesuksesan dicapai melalui aksi dan kerja keras. Tanpa kedua hal tersebut, menurut Chandra Ekajaya ide sebagus apapun akan sulit diwujudkan. Kini, lewat Jamur Lebay, Chandra Ekajaya berhasil mempekerjakan sekitar 70 karyawan dan ia juga telah membuka cabang sekitar 19 Cabang di beberapa kota-kota besar. Harapannya, Chandra Ekajaya dapat mempromosikan bahwa jamur memiliki nilai jual yang tinggi. Kini, Chandra Ekajaya juga telah mengekspor produk jamur hampir ke beberapa negara ASEAN dan beberapa negar Eropa seperti Portugal, Spanyol, Hungaria, Belanda, dan sebagainya. Meski berhasil mengantongi pundi-pundi rupiah, Chandra Ekajaya mengaku terus mengembangkan produknya agar dapat bersaing dalam kancah bisnis dunia yang semakin ketat.