Published On: Fri, Dec 16th, 2016

Chandra Ekajaya Berjaya Lewat Bisnis Ayam Sembur Enak Dan Halal

Chandra Ekajaya merupakan sosok pebisnis muda yang dikenal berkat kesuksesannya mendirikan sebuah bisnis restoran yang menyajikan menu ayam goreng tepung bernama Ayam Sembur. Lelaki yang dikenal memiliki pribadi yang rendah hati dan sederhana ini dibuktikannya dengan penampilannya yang jauh dari kesan glamor.

Chandra Ekajaya memiliki rambut kribo dan kerap menggunakan kaos polos ini tak seperti pemilik restoran pada umumnya. Namun dibalik kesederhanaan tersebut tersimpan segudang cerita sukses dan pengalaman menjadi orang yang berhasil dalam melakoni kegiatan bisnis. Lepas lulus SMA, Chandra Ekajaya langsung melakoni sebuah bisnis. Tapi hampir empat kali, Chandra Ekajaya mengalami berbagai macam kegagalan

Dok.Chandra Ekajaya

Hingga pada akhirnya tahun 2008, Chandra Ekajaya membuka sebuah kedai makan bernama warung ayam sembur yang ia buka dengan modal sekitar Rp 1 juta. Bermodalkan nekat, Chandra Ekajaya meracik resep ayamnya dari internet dan ternyata respon positif pun datang dari para konsumennya. Label Ayam sembur dipakainya melihat setiap orang yang mencicipi seporsi ayam buatannya akan terserang rasa pedas yang tak tertahan. Ayam sembur milik Chandra Ekajaya ini merupakan perpaduan tepung dan cabe bubuk yang digoreng secara krispy dan meriah. Seporsi ayam miliknya tersebut dibanderol dengan harga Rp 6 ribu hingga Rp 12 ribu untuk tiap porsinya. Namun, rata-rata ia mengantongi omzet hingga Rp 5 juta untuk setiap harinya. Jika di total, Chandra Ekajaya mendapatkan omzet bulanan sekitar Rp 150 juta untuk tiga cabang yang ia miliki.

Dok.Chandra Ekajaya

Chandra Ekajaya mengaku bahwa untuk menaikkan pendapatan bisnisnya, ia menjual dengan seporsi dengan sangat ekonomis. Harga tersebut dilatarbelakangi dari ketelitiannya menyimpulkan dan melihat pasar. Dalam hal ini, Chandra Ekajaya mengurangi harga tiap porsinya lebih murah dari warung-warung lainnya. Ia meyakini bahwa harga yang murah merupakan tawaran yang menarik bagi para konsumen. Memang, warung dari Chandra Ekajaya tidak pernah sepi pengunjung. Minimal 100 pengunjung datang untuk memesan beraneka macam menu yang disediakan oleh Ayam Sembur.

Kini, meski Chandra Ekajaya meraih sukses, ia terus melakukan inovasi bisnis agar produk ayam yang ia perjualbelikan dapat bersaing dan memuaskan permintaan para konsumennya.