Published On: Mon, Dec 5th, 2016

Cuk Manis Ala Yohanes Chandra Ekajaya

Cuk Manis Ala Yohnes Chandra Ekajaya

Berbicara soal kuliner khas Bengkulu, Yohanes Chandra Ekajaya bercerita bahwa provinsi yang berada di pulau Sumatera tersebut tak hanya dikenal lewat bagar hiu dan pendap nya saja. Nah kali ini Anda harus mencicipi makanan khas Bengkulu satu ini. Ya, cuk manis. Kuliner berbahan utama daging sapi yang diolah bersama kentang dan kuah santan.Disamping itu, kuliner tersebut dipadu dengan aneka rempah yang dapat memberikan sensasi rasa tiada dua bagi para penikmatnya.

Cuk Manis Ala Yohnes Chandra Ekajaya

Rasanya yang nikmat dan pas tersebut cocok dijadikan sebagai santapan saat siang hari. Hidang tersebut dapat dikatakan membuat perut kenyang, karena dengan adanya kentang, Anda tidak perlu menambahkan nasi putih. Kuliner tersebut kaya akan gizi dan membuat stamina bertambah. Nah, kali ini chef Yohanes Chandra Ekajaya akan berbagi mengenai menu masakan Cuk Manis khas Bengkulu. Sebelumnya siapkan bahan-bahan dan simak penuturannya dalam membuat kuliner satu ini.

 

Bahan:

3 ons daging sapi

¼ kg kentang

1 liter santan dari ½ butir air kelapa

¾ ons kelapa parut

1 sendok teh air asam Jawa

1 sendok teh garam

minyak goreng secukupnya

 

Bumbu halus

Sepucuk sendok teh jinten

Sepucuk sendok teh adas manis

¼ sendok teh merica

½ sendok teh ketumbar

1 cm lengkuas

2 cm jahe

2 cm kunyit

4 siung bawang putih

10 butir bawang merah
Cuk Manis Ala Yohnes Chandra Ekajaya

Yohanes Chandra Ekajaya mengajak Anda untuk membuat Cuk Manis dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama-tama siapkan bahan dan bumbu yang dibuthkan termasuk kemudian mencuci potongan daging sapi dan kentang. Setelah itu, haluskan parutan kelapa yang telah disangrai, lalu panaskan minyak untuk menumis bumbu halus hingga harum. Setelah itu, masukkan potongan daging sapi sembari diaduk dan masak hingga warnanya berubah. Tambahkan potongan kentang lalu beri garam, kemudian masak campuran tersebut hingga mendidih, kemudian masukka kelapa sangrai yang telah dihaluskan bersama air asam. Setelah selesai diaduk-aduk sampai mengental, angkatlah lalu sajikan di mangkuk saji. Kemudian taburkan bawang merah goreng. Setelah selesai hidangan cuk manis pun siap disantap bersama dengan keluarga Anda.

 

Nah, terus ikuti tips-tips masak dari Yohanes Chandra Ekajaya lainnya. Tetap ikuti resep-resep selanjutnya. Selamat mencoba.