Published On: Fri, Apr 1st, 2016

Dampak Penghapusan Jalur 3 In 1, Transjakarta Keluarkan 20 Unit Bus Gratis!

scania-2

Mulai senin, 4 April 2016, PT Transjakarta akan menyediakan 20 armada bus di koridor satu. Masyarakat yang akan menumpang bus sedang yang disediakan Transjakarta tidak akan dikenakan biaya sepeserpun, dengan kata lain gratis.

Pengoperasian bus sedang secara gratis ini salah satu cara untuk mengantisipasi kebijakan penghapusan sistem 3 in 1. Jika, sebelumnya PT Transjakarta menambahkan 3 armada bus, kini penambahan diperbanyak menjadi 17 bus. Jadi, ada 20 bus yang akan siap mengangkut penumpang secara gratis.

“Mulai hari senin kami akan coba mengoperasikan bus sebanyak 20 secara gratis dari Transjakarta. Sebelumnya sudah ada 3, kami menambah lagi menjadi 20 bus.” kata Budi Kaliwono selaku Direktur Utama PT Transjakarta, seperti yang di lansir Berita Benar lansir dari Liputan6, Jumat (01 April 2016).

Untuk trayek yang akan dilalui bus ini akan dimulai dari kawasan Thamrin, Sudirman, hingga Bundaran Semanggi. Begitu juga sebaliknya. Sedangkan untuk pengoperasian armada gratis itu akan tersedia sampai waktu yang belum ditentukan.

“Armada bus gratis ini tidak akan berjalan di atas jalur busway biasanya. Tapi, akan berjalan di jalur kiri. Untuk jam operasionalnya akan dibagi menjadi dua shift sampai pukul 22.00 WIB,”jelasnya.

Budi juga menambahkan dengan adanya penghapusan jalur 3 in 1, warga Jakarta tak perlu khawatir dampak yang disebabkan seperti kemacetan atau volume kendaraan pribadi yang semakin bertambah. Pasalnya, Transjakarta akan menghitung ulang ketersediaan bus. Sejauh ini bus yang sudah beroperasi sudah mencapai 60 sampai 70 bus.

“Yang pasti koridor satu sudah siap. Masyarakat jangan takut naik kendaraan umum. Kami akan hitung ulang ketersediaan Transjakarta. Apakah koridor satu yang kira-kira sekarang dioperasikan 60 sampai 70 bus ini, sudah cukup atau bagaimana,” pungkas Budi, seperti yang Berita Benar kutip dari Liputan6, Jumat (01 April 2016).